Membanggakan, Tiga Tim MAN Jawa Timur Raih Juara Akademi Madrasah Digital



Membanggakan,  Tiga Tim MAN Jawa Timur Raih Juara Akademi Madrasah Digital

Sidoarjo (PendMa) - Tiga tim MAN yang dikirim Jawa Timur pada ajang Akademi Madrasah Digital berhasil menyabet juara, Rabu (25/5/2022) di Tangerang Banten.

Pada kesempatan tersebut, 10 tim peserta mempresentasikan hasil project prototype solusi digital yang sudah dikembangkan di hadapan dewan juri. Mereka berupaya meyakinkan dewan juri layaknya menghadapi para investor yang akan berinvestasi mengembangkan karya inovasinya.

Sebelumnya, ada 20 tim MA yang lolos dan terpilih mengikuti pelatihan intensif secara virtual, baik softskill maupun hardskill. Mereka didampingi  tenaga pelatih profesional dari dunia industri selama 6 (enam) bulan penuh sejak awal Oktober 2021.

MAN 1 Kota Malang dinobatkan sebagai juara 1 dengan kategori The Most Innovative adalah In-Fast yang dapat menjalankan pertanian di dalam ruangan.

MAN 1 Kota Kediri berhasil meraih juara kategori Top Contender dengan produknya Grow-C yang dapat monitoring secara real time menggunakan sensor DHT22 yang berfungsi untuk mengatur suhu udara pada lahan

MAN Kota Blitar mempresentasikan El-Tofu yang berfungsi untuk mengkonversi limbah tahu menjadi listrik berbasis IoT serta dapat memonitor tegangan, arus listrik, dan daya yang telah dihasilkan oleh limbah. Man Kota Blitar ditetapkan sebagai juara dengan kategori The Most Attractive bersama lima pemenang lainnya.

Akademi Madrasah Digital (AMD) digagas oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam bekerjasama dengan PT XL Axiata Tbk. AMD digelar sebagai ajang pelatihan siswa MA dalam membentuk Technopreneur Muda menciptakan industry kreatif bebasis teknologi.

 

Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Husnul Maram  mengaku bangga atas capaian tiga madrasah tersebut. Ia berharap akan lahir para inventor dan penemu teknologi masa depan yang hebat dari madrasah, serta mampu mengembangkan prototype solusi digital yang sudah dirancang untuk diproduksi secara masif.

"Selamat kepada tim dari MAN 1 Kota Malang, MAN 1 Kota Kediri, dan MAN Kota Blitar. Semoga bisa memotivasi anak-anak madrasah untuk bisa terus berprestasi sehingga sukses di dunia dan akhirat," harapnya. (isn)

Editor: ev/and