Halal Bihalal DMI, Kasuwi: MAsjid Sebagai Pusat Peradaban



Halal Bihalal DMI, Kasuwi: MAsjid Sebagai Pusat Peradaban

Kota Malang(HUMAS) -" Al-Haqqu bila nidzam yaghlibuhu al-bathil binidzam, Kebenaran yang tidak dikelola dengan baik akan dikalahkan oleh kebatilan yang dikelola dengan baik, untuk itu Halal bi Halal Dewan Masjid Indonesia kali ini akan memberikan pencerahan terhadap segenap takmir masjid agar bisa mengelola Masjid dengan profesional." tutur Prof. Dr. Kasuwi Syaiban.

Penuturan ini disampaikan oleh Prof. Kasuwi saat membuka kegiatan Halal Bi Halal Dewan Masjid Indonesia di Hotel Rayz UMM, Kamis (26/5). Giat yang dihadiri oleh Kemenag Kota Malang selaku pembinda DMI, forkompinda, Ketua DPRD dan wakil Walikota, Sufyan Edi Jarwoko ini juga dihadiri oleh para Rektor perguruan tinggi di Kota Malang dan Pimpinan Ormas Islam se Kota Malang.

Halal bi Halal yang mengambil tema Dari Masjid Kita Sucikan Hati dan Kita kuatkan Silaturahmi ini juga diisi pemaparan Ir. Kusnadi Ikhwani Ketua Takmir Masjid Raya al-Falah Sragen Jawa Tengah tentang pengelolaan masjid secara modern.

Masjid Raya Al-Falah Sragen yang dikelola dengan profesional dan modern ini tak pernah sepi dari berbagai kegiatan. Meski di luar Bulan Ramadan, jamaah shalatnya selalu ramai. Kondisi ini tentu menjadi menarik perhatian Muslim dari dalam maupun dari luar daerah Sragen. Apalagi, posisi masjid ini terletak di Jalan Utama Kota Sragen. Tidak heran, jika banyak musafir yang memanfaatkan masjid ini sebagai tempat beristirahat.

Dengan pengelolaan yang transparan dan modern dengan semangat membangun pusat peradaban dari Masjid, Masjid Raya Al-Falah Sragen memiliki beberapa program unggulan, diantaranya adalah:

1. Meng-nol-kan bahkan pernah meng-minus-kan saldo tiap akhir bulan

2. Menyediakan buka puasa dan sahur ramadhan 2000 porsi

3. Menyediakan buka puasa Senin dan Kamis

4. Minuman gratis selalu tersedia untuk jamaah

5. Memberangkatkan umroh bagi jamaah sholat terawih yang paling rajin sholat

6. Layanan Brigade Bersih Masjid, yang melayani pembersihan Masjid-masjid sekitar Sragen

7. Menggaji seluruh karyawan (Abdi Dalem Masjid)

8. Memberikan hadiah sepeda motor bagi jamaah sholat subuh terajin

9. ATM beras untuk kaum dhuafa

10. Mengganti barang yang hilang didalam masjid

11. Parfum Gratis selalu tersedia

12. Penitipan barang Gratis dangada petugas jaganya

13. Pemberdayaan PKL sekitar masjid

14. Makan gratis setelah Kajian Subuh Ahad

15. Streaming Kajian di medsos Masjid Raya Al-Falah Sragen

16. Layanan EO Wedding/pernikahan

17. Mendirikan Badan Usaha Milik Masjid (BUMM)

Dengan sistem pengelolaan yang baik, Masjid akan menjadi pusat berbagai aktifitas masyarakat sebagaimana Rasululllah menjadi masjid sebagai tonggak awal pondasi dakwah Islam. Secara terpisah Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Malang yang ikut hadir dalam kegiatan ini menyatakan bahwa pengelolaan masjid mulai dari penataan idarah, riayah dan imarah secara modern memang sudah menjadi tuntutan zaman yang tidak bisa dihindari.

Giat Halal Bi Halal diakhiri dengan doa oleh KH. Dr. Dahlan Tamrin dan mushofahah seluruh perwakilan DMI di Kecamatan dan para tamu undangan. (hms)

Editor: isn