Berikan Materi DDWK, Kakanwil Sampaikan Pentingnya Toleransi dan Moderasi Beragama



Berikan Materi DDWK, Kakanwil Sampaikan Pentingnya Toleransi dan Moderasi Beragama

Kab. Magetan (humas) - Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya menyelenggarakan Diklat di Wilayah Kerja (DDWK) pada wilayah kerja Kementerian Agama Kabupaten Magetan  yang dimoderatori oleh Danang Eka Sandi,  Subkoordinator Diklat Tenaga Administrasi  Balai Diklat Keagaamaan Surabaya) Kamis, 26 Mei  2022. Diklat yang diikuti 30 peserta  dari unsur  kepala madrasah negeri, Katu dan Waka di lingkungan Kankemenag Kabupaten Magetan ini menhadirkan Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram sebagai narasumber.

Diklat DDWK tersebut bertajuk Pelatihan  Penggerak Penguatan Moderasi Beragama Bagi ASN, panitia berharap para peserta fokus untuk mengikuti semua materi diklat dengan tertib dan tetap menjaga / menjalankan protokol kesehatan.

Dalam materinya Husnul Maram menyampaikan bahwa moderasi beragama adalah sikap atau cara pandang perilaku beragama yang moderat, toleran, menghargai perbedaan, dan selalu mengejawantahkan kemaslahatan bersama. “Kita harus menghargai esensi atau substansi ajaran agama itu sendiri, diantaranya menghargai kemanusiaan,” ujarnya.

Ia mencontohkan meskipun berbeda agama, suku, bahasa, dan budaya, tapi sesama manusia harus saling menghormati, apalagi Islam mengajarkan untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

Dikatakannya, agama harus mampu diterjemahkan dalam kehidupan bersama, baik sesama maupun berbeda agama. Ia menambahkan, moderasi beragama adalah cara beragama yang direfleksikan oleh semua pihak, bukan hanya umat Islam saja, tapi juga umat beragama lain.

“Kita perlu moderasi beragama sebagai solusi, agar dapat menjadi kunci penting untuk menciptakan kehidupan keagamaan yang rukun, harmoni, damai, serta menekankan keseimbangan, baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, maupun kehidupan secara keseluruhan,” tutur ia.

Kakanwil juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada keluarga besar Kankemenag Magetan atas terselenggaranya acara ini. Kankemenag Magetan  sebagai salah satu Kemenag yang sangat asri  yang menyimpan potensi yang sangat besar dan merupakan investasi yang sangat berpotensi.

Kakanwil mengharapkan kepada semua peserta PPMB (Penggerak Penguatan Moderasi Bergaama)  nantinya bisa menyampaikan dan menerapakan di anak  didiknya, lingkungan dan masyarakat.”tegasnya.(parti)

Editor: isn