593 CJH Tuban Ikuti Bimbingan Manasik Haji II



Kab. Tuban (Humas)--Kemenag Tuban kembali melaksanakan Pemantapan Bimbingan Manasik Haji Massal II tahun 2022 untuk 593 Calon Jemaah Haji kabupaten Tuban, di Graha Sandya, Kamis (26/05/2022). 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Munir menjelaskan jumlah total Calon Jemaah Haji kabupaten Tuban 593 orang. "Kemarin sudah kita jelaskan dari 588 kuota kabupaten Tuban, 21 jemaah tidak melakukan pelunasan, dan kita mendapatkan tambahan porsi 28 orang, jadi total kabupaten Tuban 595 jemaah, namun per hari ini ada 2 orang yang mengundurkan diri," paparnya.

Masih menurut Kepala Kemenag Tuban Kabupaten Tuban masuk dalam kelompok terbang (kloter) pertama jamaah calon haji asal Embarkasi Surabaya dan akan dijadwalkan berangkat ke Arab Saudi pada Sabtu, 4 Juni 2022, dari Bandara Internasional Juanda Surabaya. "Jadi tanggal 3 Mei berangkat dari kabupaten Tuban,, insyaallah berangkat jam 05.00 WIB," ujar Kakankemenag senior ini.

Calon Jemaah Haji kabupaten Tuban terbagi dalam dua kloter. "Kloter satu dari kabupaten Tuban berangkat tanggal 3 Juni menuju Asrama Haji Surabaya dan kloter dua gabungan dengan Jemaah Kabuoaten Bojonegoro menyusul tanggal 4 Juni 2022," paparnya.

Sedangkan untuk kedatangan jamaah haji dijadwalkan kloter pertama tiba pada 15 Juli 2022 dan kloter terakhir masuk Asrama Haji pada 14 Agustus 2022. 

Kakankemenag Tuban berharap seluruh proses ibadah haji mulai keberangkatan ke Tanah Suci hingga kedatangan di Tanah Air para jemaah berjalan lancar dan tertib.sehingga kembali ke tanah air membawa predikat hajji mabrur.¹

"Di daerah, kami terus melakukan tahapan-tahapan proses pemberangkatan jemaah haji, harapan kami semua berjalan lancar dan dimudahkan Allah SWT," ucapnya. Dan yang terpenting para CJH tetap menjaga kesehatan karena diperkirakan cuaca disana sangat panas.

Bupati Tuban yang diwakili oleh Staf ahli bidang perekonomian, keuangan dan pembangunan, Abdul Rakhmat menyampaikan salam dari Mas Bupati Tuban. "Mohon maaf karena ada agenda lain mas Bupati tidak bisa hadir dan hanya bisa mendoakan semoga menjadi haji yang mabrur," ucapnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini Ketua Pengadilan Agama, Ketua DPRD Kabupaten Tuban, Perwakilan Polres, SM Humas dan CSR PT. Semen Indonesia Group, Kepala KUA, KBIH dan narasumber dari Kanwil Kemenag Jatim. SM Humas dan CSR PT. SIG, Setiawan Prasetyo mohon CJH kabupaten Tuban supaya mendoakan PT. SIG diberi kelancaran dan kemudahan agar tahun depan bisa memberikan bantuan yang lebih. 

Sebagai informasi, PT. SIG membantu pengadaan tas kalung untuk semua jemaah, sewa gedung 1 kali, tempat manasik bagi jemaah dan memberikan sarapan pagi bagi CJH usai pelaksanaan praktik manasik. Pada kesempatan ini Kakankemenag Tuban juga memakaikan batik haji kepada perwakilan CJH. (lai/irn)

Editor: isn