Hadiri Bimbingan Manasik Haji Kemenag Gresik, Ini Pesan Kakanwil



Kab. Gresik (Humas) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram menghadiri bimbingan manasik Haji di Kemenag Gresik pada Rabu (25/5). Hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Kab. Gresik, Kepala Kantor Kemenag Gresik beserta jajarannya.

Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah mengucapkan syukur atas keberangkatan jamaah haji Kab. Gresik tahun ini. "Alhamdulillah Bapak /ibu semua ditakdirkan berangkat haji tahun ini karena hajinya haji akbar," tuturnya. Wabup berharap semoga keberangkatan jamaah haji dari Kab. Gresik menjadi 1 kloter.

Sementara itu Kakanwil dalam setiap penyampaian materi bimbingan manasik haji senantiasa mengingatkan jamaah untuk menghindari rasa sombong. "Jangan sombong. Merasa tahu dan merasa mengerti adalah ujian bagi orang sombong. Nanti di sana malah kesasar atau malah ngeblank. Niatkan ibadah lillahi ta'ala. Senantiasa berkhusnudzon dan menjaga ucapan," pesan orang nomor satu di Kemenag Jatim ini.

Kakanwil juga berpesan kepada yang mendapat amanat sebagai petugas haji. "Untuk petugas kemana-mana harus memakai baju petugas kecuali pas ihrom. Di sana petugas adalah bertugas melayani jamaah. Bukan fokus pada kepentingan sendiri," tuturnya.

Haji tahun ini terbuka untuk mereka yang berusia di bawah 65 tahun dan telah menerima vaksinasi Covid-19 yang disetujui Kementerian Kesehatan Saudi.  Jamaah yang berasal dari luar Kerajaan wajib menyerahkan hasil tes PCR negatif Covid-19 yang dilakukan dalam waktu 72 jam sebelum keberangkatan ke Arab Saudi.

“Bagi jamaah yang belum berangkat tahun ini, jangan berkecil hati. Bismillah, tahun depan situasi sudah lebih kondusif  lagi. Kami juga mengimbau bagi jamaah yang berangkat tahun ini, menjelang keberangkatan jagalah kondisi kesehatan sebaik mungkin agar dapat beribadah semaksimal mungkin ketika berada di Arab Saudi,” pesannya. Tahun ini suhu di Arab bisa mencapai 50 derajat karena itu para jamaah harus memiliki stamina yang fit sejak dari tanah air.(ev/and)

Ed:isn