Umroh Akan Dibuka Kembali, Ini Kata Kakanwil pada Diseminasi Haji



Surabaya (PHU) - Kondisi pandemi di Tanah Air dan Arab Saudi yang terus menurun, Kementerian Agama sebagai leading sector penyelenggaraan haji dan umroh tengah bersiap untuk menyongsong kebijakan diizinkannya kembali jemaah Indonesia untuk beribadah umrah. Hal tersebut disampaikan Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram saat membuka Diseminasi terkait pembatalan haji di Hotel Harris Surabaya, Rabu  (27/10).

"Alhamdulillah kondisi pandemi di Tanah Air dan Arab Saudi terus menurun.  Kita tengah bersiap untuk menyongsong kebijakan diizinkannya kembali jemaah Indonesia untuk beribadah umrah," tutur Husnul Maram didepan peserta diseminasi yang terdiri dari perwakilan PPIU di wilayah Surabaya.

Setidaknya, jelas Kakanwil yang baru dilantik Menag Yaqut Cholil  pada 8 Oktober lalu, ada tujuh langkah strategis yang tengah disiapkan oleh Pemerintah.

Diantara langkah tersebut adalah koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri terkait upaya negosiasi diizinkannya jemaah umrah dari Indonesia untuk melaksanakan ibadah umrah. 

Maram mengungkapkan bahwa pembukaan umrah untuk jemaah Indonesia akan segera dibuka. “Dubes Arab Saudi juga menyampaikan bahwa jemaah dari Indonesia menjadi prioritas keberangkatan perjalanan ibadah umrah,” ujarnya.

Kakanwilpun mengajak masyarakat untuk sabar dan ikhlas menerima kebijakan penundaan pelaksanaan ibadah haji dan umroh beberapa waktu lalu.

" Karena kunci diterimanya amal kita, haji dan umroh kita adalah dari keikhlasan dan kesabaran kita menjalankan ibadah ini," tuturnya.

Melalui kegiatan ini, Maram berharap akan ada banyak masukan yang membawa dampak baik bagi penyelenggaraan haji dan umroh mendatang. 

" Semoga apa yang kita diskusikan disini, membawa banyak kemaslahatan, dan dapat diperjuangkan oleh anggota Komisi VIII  yang saat ini hadir di forum ini," tutur Kakanwil didepan peserta dan narasumber dari Komisi VIII RI, Ina Ammania dan Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, serta Kasubdit Akomodasi Dirjen PHU. (Isn)