Semarak Peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri



Kab. Nganjuk. (MIN 2) Dalam rangka memperingati Maulid Nabi SAW 1443 H dan Hari Santri tahun 2021, MIN 2 Nganjuk menyelenggarakan berbagai kegiatan secara virtual melalui channel youtube, gema shalawat,  dan shodaqoh makanan. (23/10).

Menurut Riza Firdausi, M.Pd.I, “Kegiatan peringatan Maulid Nabi SAW 1443 H dan Hari Santri tahun 2021 bukan hanya lomba adzan saja tetapi juga ada lomba pidato Bahasa Indonesia, pidato Bahasa Arab, pidato Bahasa Inggris, MTQ virtual, Baca Puisi, dan Sholawatan” katanya.

Sedangkan Moh. Masrukin, Kepala MIN 2 Nganjuk dalam sambutannya mengingatkan tentang sejarah Hari Santri. Beliau menjelaskan bahwa pentingnya 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri karena kelompok alim ulama, santri dan kyai-kyai terbukti mengawal kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Para kyai dan santri selalu berada di garda depan untuk mengawal NKRI, memperjuangan Pancasila. Dengan demikian, beliau menambahkan, Hari Santri bukan lagi sebagai usulan ataupun permintaan dari kelompok pesantren. “Ini wujud dari hak negara dan pemimpin bangsa untuk memberikan penghormatan kepada sejarah pesantren, sejarah perjuangan para alim ulama, kyai dan santri. Kontribusi pesantren kepada negara ini, sudah tidak terhitung lagi,” tegasnya.

Pada akhir kegiatan tersebut ditutup dengan kegiatan istighotsah dan doa bersama untuk keselamatan bangsa dari wabah, gangguan, dan musibah. Istighotsah dipimpin oleh Rois Syuriah PCNU Kabupaten Nganjuk KH. Ali Mustofa Said. Semoga Pandemi segera berakhir dan madrasah dapat menjalankan aktivitas normal seperti sebelumnya. Amiin. (poer)

Editor: isn