Beri Pembinaan ASN Kemenag Jombang, Ini Pesan Wamenag



Jombang (Humas) - Wakil Menteri Agama Republik Indonesia, Zainut Tauhid Sa'adi, berikan pembinaan kepada ASN di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Jombang pada Senin (18/10).  

Di hadapan 150 ASN, Wamenag sampaikan 6 program prioritas Menteri Agama seperti moderasi beragama, digitaliasi, revitalisasi KUA, cyber university, relegious index, dan kemandirian pesantren.

"Saya sampaikan pesan bapak Menteri Agama yaitu program prioritas Kementerian Agama. Ada 6 program yang harus kita pahami dan kita sukseskan," ungkap Wamenag.

Perihal moderasi beragama, Wamenag tegaskan ASN Kementerian Agama harus dapat menjadi contoh di tengah masyarakat. Menurut beliau, ASN Kemenag berperan penting dalam menyukseskan program prioritas tersebut.

"Moderasi beragama ini pada dasarnya bukan agamanya yang kita moderasikan, melainkan perilaku pemeluknya yang harus moderat. Tidak liberal, juga tidak sekuler," imbuh Wamenag.

Selanjutnya Wamenag mengajak ASN untuk selalu melaksanakan pengabdian dengan sebaik mungkin. Mengingat tuntutan pelayanan semakin hari semakin meningkat. 

"Saat ini dinamika pelayanan semakin lama semakin berubah. Digitalisasi pelayanan harus kita terapkan, kalau mau dipandang oleh masyarakat tentu kita juga harus memberikan pelayanan yang memudahkan," ujar Zainut.

Selain pengabdian kepada masyarakat yang harus ditingkatkan, Wamenag menghimbau kepada ASN Kementerian Agama Kabupaten Jombang untuk tidak kendor dalam menerapkan protokol kesehatan sebab situasi di Indonesia yang saat ini sedang landai, tidak terlepas dari penerapan protokol kesehatan.

"Negara tetangga kita saat ini sedang kewalahan menghadapi Covid-19, Alhamdulillah saat ini Indonesia sedang landai. Nah, ini harus kita jaga dengan menjaga 5M + 1D," tegas pria yang pernah nyantri di Pondok Pesantren Tebu Ireng itu.

Kunjungan Wamenag tersbebut didampingi Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Kepala Kankemenag Kabupaten Jombang. Usai berikan pembinaan di Kankemenag Kabupaten Jombang, selanjutnya Wamenag berikan pembinaan di MTsN 3 Jombang. (Sol)