Plt. Kakanwil Targetkan Tahun Ini Kanwil Kemenag Provinsi Jatim Sukses Bangun ZI



Sidoarjo (ortalakub) – Menindaklanjuti KMA 633 Tahun 2020, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur melalui subbagian Organisasi Tata Laksana dan Kerukunan Umat Beragama mengadakan Rapat Percepatan Pembangunan Zona Integritas bertempat di Aula Kanwil pada Senin (20/9). Kegiatan ini dihadiri oleh Plt. Kakanwil Kemenag Jawa Timur, Kabag Tata Usaha, Para Kepala Bidang, Para Pembimas, Para Kasubbag beserta jajaran staf.

 

Plt. Kakanwil, Moh. Nurul Huda dalam sambutannya menyampaikan ia berharap tingkat kecerahan ZI kedepannya lebih baik karena Jawa Timur (Kanwil Kemenag Jawa Timur) dalam pelaksanaan ZI (Zona Integritas ini) memang agak terlambat. "Hal ini disebabkan factor situasi dan kondisi, domisili, dan toleransi," terang Nurul Huda. Ia menerangkan kalau hari ini akan menyerahkan SK Tim Kerja ZI dan SK Tim Satuan Tugas SPIP. Apa sebenarnya ZI itu? Nurul Huda menjelaskan ZI yang dimaksud adalah bagaimana antara ucapan, perbuatan dan tingkah laku sama dan bisa dilakukan bersama-sama. Ucapan, tingkah laku, dan perbuatan bisa diamalkan bersama-sama sehingga munculnya suatu integritas. "Hal ini membutuhkan komitmen kita bersama. Tidak bisa jika hanya dilakukan segelintir orang. Tidak ada artinya Kabag tanpa ada yang lain. Harus ada cleaning service sampai tingkat atasan. Mulai JFU hingga JFT. Ketika semua komponen berjalan sesuai tusi (tugas fungsi)nya, mengamalkan tusinya dan menjadikan perubahan tingkah laku dalam keseharian kita maka di situ ada input, proses dan outcome," terangnya. Nurul Huda melanjutkan jika kita sudah melakukan tugas sesuai tusi maka pada hakikatnya sudah ada penerapan ZI. Tentu saja dalam hal ini  dibutuhkan integritas yaitu komitmen di kita. "Jalan kita sudah ada di ZI karena kita ada di Kementerian Agama. Mari jalan kita ini kita ikuti sesuai syariat yaitu dengan ZI. Kita praktikkan setiap hari dalam keseharian kita," tuturnya.

Nurul Huda menargetkan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur tahun ini sudah dapat menerapakan ZI secara resmi. Hal ini membutuhkan komitmen bersama-sama. "Insya Alloh jika sudah kita melakukan bersama-sama akan segera terwujud ZI. Saya sangat berharap Man Jadda Wa Jadda. Mari kita bersama- sama mewujudkan Jawa Timur menjadi guyup rukun dan harmonis. Semoga ini menjadi motivasi kita untuk berkomitmen bersama-sama karena rumah kita sudah ada di sini (Kanwil)," harapnya.

(ev)