Tingkatkan Kinerja Perbendaharaan APBN, Kemenag Nganjuk Gelar Pembinaan Bersama KPPN Kediri



Nganjuk (Humas) – Bendahara Madrasah Negeri berserta operator perbendaharaan APBN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk hadir dalam “Pembinaan Pengelolaan Perbendaharaan APBN” di aula kantor Kemenag pada Rabu (22/6). Pembinaan dilakukan dalam rangka meningkatkan performa kinerja perbendaharaan ABPN selama periode keuangan tahun 2022.

Acara yang dipimpin langsung oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Gunardianto ini merupakan kerjasama antara Kankemenag Nganjuk bersama Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kantor Wilayah Provinsi Jawa Timur Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kediri. Hadir dalam pembinaan ini Kepala KPPN kediri Nurwedi bersama tim bagian pengelolaan perbendaharan APBN.

Kasubag. TU, Gunardianto dalam sambutan pembukaannya menyampaikan selamat datang dan terima kasih telah hadir dalam forum Pembinaan Pengelolaan Perbendaharaan APBN. Hal ini sangat penting bagi Pengelola Perbendaharaan APBN Kemenag Nganjuk dalam meningkatkan performa keuangan berbasis DIPA.

“Capaian penyerapan keuangan kabupaten nganjuk sampai bulan juni masih di angka 48% masih sangat jauh dari target juli harus 75%”, ujar Kasubag TU.

Sebagai informasi bahwa kebijakan Menteri Agama, Gus Yaqut, melalui Surat Surat Menteri Agama Republik Indonesia Nomor : B047/MA/KU.00/02/2022 tanggal 21 Februari 2022 meminta agar seluruh satuan kerja dibawah Kementerian Agama sudah harus menyerap anggaran sebesar 75 persen di triwulan II tahun 2022. Kebijakan ini tentu menunut sinergi yang baik antara Kantor, Satker, dan KPPN dalam merealisasikan kinerja perbendaharaan APBN.

Kepala KPPN Kediri, Nurwedi, menyampaikan bahwa KPPN berkomitmen memberikan solusi dalam setiap permasalahan yang dialami oleh setiap pengelola perbendaharaan negara.

"Kegiatan bertemu langsung dengan satker seperti ini memberi masukan kepada kami secara aktual kendala-kendala yang terjadi di setiap satuan kerja," ujar Kepala KPPN Kediri dalam sambutannya.

Secara teknis ia menyampaikan kiat dan strategi dalam mencapai target capaian output sesuai yang telah ditentukan oleh pemerintah. Ia berharap kegiatan hari ini dapat memberi arah dan strategi kepada Satker di wilayah KPPN Kediri untuk meningkatkan realisasi penyerapan anggaran tahun 2022 sehingga setiap satker dapat merealisasikan edaran Menteri Agama tentang Penyerapan Aggaran. (Lq)

 

Editor: dsi