Bentuk Pribadi Baik dan Unggul, MAN 1 Gelar Seminar Juvenile Deliquency



KAB. JOMBANG (MAN 1) -Masih seputar aktifitas hebat gelaran tim kesiswaan bersama BK di MAN 1 Jombang. Kali ini, untuk menjelmakan karakter mandiri berprestasi bagi putra-putrinya, madrasah ini menggandeng Brigadir Amak P dari Polres Jombang menggelar seminar bertajuk 'Juvenile Delinquency (Penyimpangan Perilaku Remaja)', Selasa (21/6). Agenda dengan misi mengenalkan sekaligus memberikan pemahaman mengenai pentingnya memiliki dan menjaga karakter serta moral yang baik bagi remaja tersebut digagas oleh Dudung Luqman Budiman, koordinator BK MAN 1 Jombang. Berlangsung selama 4 jam di teras masjid 'Fadlumminalloh' usai aktifitas harian sholat dhuha berjama'ah. Terbagi dalam dua sesi dengan peserta seluruh siswa/siswi kelas XI. Sesi pertama diikuti oleh kelas MIPA dan Keagamaan, sedangkan sesi dua oleh kelas IPS dan Bahasa. 

Erma Rahmawati, Kepala MAN 1 Jombang berkeinginan para remaja di madrasahnya akan menjadi generasi tangguh yang siap menghadapi segala tantangan. Disampaikan di awal acara dalam openingnya, "Manjadi generasi yang selalu mawas diri dimanapun berada. Tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan ataupun menyusahkan orang banyak. Itulah yang namanya insan dambaan", tuturnya.

Dalam pemaparan materinya, Amak P menyampaikan bahwa sebagai generasi penerus bangsa, remaja diharapkan memiliki personalitas baik lagi unggul, disamping prestasi yang gemilang, namun banyak kasus kenakalan remaja secara individual maupun kelompok kian meresahkan masyarakat. Pencurian, geng motor dan balap liar, tawuran, penyalahgunaan narkoba sering ditemui bahwa remaja sebagai pelaku utama. "Disinilah pentingnya pembentukan karakter yang baik", ucapnya. (isn)

Ed:ev