Sekjen Kemenag RI Gerakkan IAI Syarifudin Sebagai Polopor Penguatan Moderasi Beragama



Lumajang (Humas) – Sekretaris Jenderal (Setjen) Kementerian Agama RI Nizar Ali menghadiri Stadium General dan Launching Program S2 Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam (IAI) Syarifudin Lumajang pada Minggu (19/6). Tantangan PTKI dalam menghadapi revolusi 4.0. menjadi tema yang disampaikan Setjen di depan seluruh civitas akademika dan mahasiswa IAI Syarifudin Lumajang.

Dalam sambutannya, Setjen juga berharap civitas akademika Institut Agama Islam (IAI) Syarifudin Lumajang untuk menjadi pelopor penguatan moderasi beragama.

“Disamping mendorong keterlibatan masyarakat dalam program peningkatan tata kelola PTKI, Kemenag mendorong IAI Syarifudin Lumajang menjadi motor penggerak moderasi beragama di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, selain itu perguruan tinggi keagamaan Islam, dihadapkan dua tantangan yakni menjamin internalisasi nilai agama yang moderat dan menjamin tata kelola perguruan tinggi yang diterapkan dengan baik (Good University Governance).

“Sebagai perguruan tinggi keagamaan Islam, Institut Agama Islam (IAI) Syarifuddin Lumajang saat ini dihadapkan 2 (dua) tantangan strategis. Pertama, IAI Syarifuddin Lumajang harus mampu menjamin proses internalisasi nilai-nilai agama yang moderat kepada mahasiswa,” ujarnya.

Tantangan kedua, IAI Syarifuddin Lumajang juga harus menjamin bahwa tatakelola perguruan tinggi yang diterapkan mampu menjamin terselenggarannya tatakelola yang baik (good university governance), yakni tata kelola perguruan tinggi yang mendukung terwujudnya proses pendidikan yang bermakna untuk mendukung produktivitas dosen dan mahasiswa, serta mendukung lahirnya keunggulan distingtif di tingkat nasional atau internasional.

“Terkait yang terakhir ini, sejalan dengan perkembangan industri teknologi digital, maka pengembangan tatakelola IAI Syarifuddin Lumajang harus berorientasi pada digitalisasi perguruan tinggi,” sambungnya.

Lebih lanjut ia tandaskan,” Saya meyakini, bahwa hal ini sudah ditunaikan secara memadai oleh IAI Syarifuddin Lumajang”.

Pada kesempatan itu juga, Nizar Ali menyampaikan kepada mahasiswa IAI Syarifudin, terkait beasiswa dari Kemenag, terdapat 50 kuota beasiswa dengan total sebesar 100 juta.

Dalam kunjungannya, Sekjen didampingi oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil)  Kementerian Agama Jawa Timur, Husnul Maram, Kepala bagian Tata Usaha (Kabag TU) Kanwil Kemenag Jatim, Nawawi, & Kepala Kantor Kementerian Agama (KanKemenag) Kabupaten Lumajang, Muslim.