Gelar Sosialisasi Aplikasi, Si Adin Siap Digunakan



Kabupaten Sidoarjo (Umum&Humas) - Sebagai tindak lanjut launching aplikasi Si Adin (Sistem Informasi Arsiparis Dinamis) beberapa waktu lalu, Subbag Umum dan Humas Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Timur (Jatim) melakukan sosialisasi penerapan aplikasi kepada masing-masing unit pengelola berkas arsip aktif di Kanwil Kemenag Jatim.

Sosialisasi pada Jum’at (17/6) ini disampaikan langsung oleh Ketua Pokja Arsiparis Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Saderi. Dalam sosialisasi, Saderi menyampaikan bahwa adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu dalam pemberkasan.

“Diharapkan dengan dipakainya aplikasi ini, masing-masing unit pengolah arsip di Kanwil Kemenag Jatim ini dapat melakukan pemberkasan arsip dengan mudah dan efisien”, Jelas Saderi

Saderi juga menyampaikan, dalam proses pemberkasan kearsipan, bukti fisik harus tetap dilampirkan walaupun sudah ada aplikasi untuk mempermudah dalam hal kearsipan.

“Pemberkasan arsip tidak hanya dilakukan melalui aplikasi saja, namun bukti fisik tetap harus ada”, tambah Ketua Pokja Arsiparis

Kegiatan yang dihadiri perwakilan pengelola arsip di masing-masing unit kerja itu menekankan agar penyerahan dokumen arsip mempunyai batas waktu 6 bulan setelah berlangsungnya kegiatan.

“Penyerahan arsip dilakukan tidak boleh lebih dari 6 bulan setelah adanya kegiatan, jadi harus diperhatikan dengan seksama oleh kita sekalian," tutup Saderi

Dengan resmi dilaunchingnya aplikasi Si Adin, masing-masing unit kerja sudah bisa melakukan pemberkasan arsip dengan efisien dan aplikasi ini sebagai wujud trasnformasi digital di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. (Ted)

Editor: isn