Kakankemenag Nganjuk Berikan Bimbingan Manasik Haji 2022



Kakankemenag Nganjuk Berikan Bimbingan Manasik Haji 2022

Nganjuk (Inmas) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk, Mohamad Afif Fauzi sampaikan materi Kebijakan Jamaah Haji Tahun 2022 pada kegiatan Bimbingan Manasik Haji Massal Jamaah Haji Kabupaten Nganjuk Tahun 1443H/2022M pada Senin, (23/5). Kegiatan yang diadakan di Gedung Terpadu MAN 2 Nganjuk ini diikuti oleh seluruh Calon Jamaah Haji Kabupaten Nganjuk tahun 2022 beserta seluruh undangan.

Dihadapan 266 Calon jamaah haji tahun 2022  asal Kabupaten Nganjuk, Kakankemenag sampaikan perkembangan kebijakan-kebijakan teknis terkait penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022. Setelah berhenti selama 2 tahun karena pandemi, penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022 tentu menyaratkan penyesuaian-penyesuaian kondisi menyikapi kondisi global ditengah terpaan pandemi covid-19.

"Penyesuaian jumlah kuota jamaah tahun ini tentu menyesuaikan kuota yang telah ditentukan oleh Arab Saudi", ujar Afif dalam sambutannya. Kuota jamaah haji setiap negara tentu mengacu kuota yang telah ditentukan oleh Arab Saudi sebagai negara tuan rumah tujuan ibadah haji. Sehingga kebijakan setiap negara terkait pemberangkatan jamaah haji juga harus menyesuaikan kebijakan-kebijakan yang telah ditentukan oleh kerajaan Arab Saudi.

"Perubahan kuota jamaah haji dari Kabupaten Nganjuk dari 274 jamaah saat verifikasi awal menjadi 266 hari ini juga tak lepas dari kebijakan pemerintah pusat dan Kemenag kabupaten/kota hanya melaksanakan kebijakan ini", imbuhnya. Adanya perubahan ini tentu mengacu penyesuaian kuota dan pertimbangan-pertimbangan hasil koordinasi lintas sektoral dan Kementerian.

Kesiapan kesehatan perlu benar-benar disiapkan secara mantap mengingat kondisi global saat ini. Kakankemenag berharap, kegiatan manasik haji massal ini dapat membuat para jamaah lebih tanggap kebutuhan pribadinya dan terbiasa dengan para petugas haji daerah termasuk petugas kesehatan. Sehingga saat pelaksanaan ibadah haji di tanah suci para jamaah tidak canggung lagi dengan para petugas yang membantu pelaksanaan kelancaran ibadah haji. (Lq)

EDitor: isn