Isi Bimwin, Kakankemenag Ingatkan Pentingnya Mengelola Konflik Rumah Tangga Secara Bijak



Nganjuk (Inmas) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk gelar Bimbingan Perkawinan Pranikah Bagi Calon Pengantin angkatan XXV pada Kamis, (19/5) di KUA Kecamatan Nganjuk. Dilaksanakan di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Nganjuk selama 2 hari berturut-turut dari tanggal 19 sampai 20 Mei 2022, Bimwin Pranikah Calon Pengantin diikuti oleh 30 muda mudi calon pasangan pengantin yang telah mendaftarkan peristiwa perkawinannya di KUA Kecamatan Nganjuk.

Menyampaikan materi bertajuk Mengelola Konflik Rumah Tangga, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk, Afif Fauzi mengajak seluruh peserta bimbingan perkawinan untuk menumbuhkan rasa saling perhatian dan pengertian kepada pasangan. Menurutnya para pasangan muda sangat rentan terhadap konflik rumah tangga yang bersumber dari egoisme masing-masing.

“Manusia tempatnya salah tapi bukan pelampiasan untuk selalu menyalahkan. Bangun rasa pengertian antar suami istri agar rumah tangga dapat berjalan dengan penuh rasa syukur dan penuh cinta kasih”, tegas Kakankemenag kelahiran Kabupaten Nganjuk ini.

Ia mengingatkan setiap pasangan baru untuk menumbuhkan rasa syukur saling menerima satu sama lain. Adanya kegiatan bimbingan perkawinan seperti ini dalam rangka membangun pondasi keluarga sakinah, bahagia, dan sejahtera.

Perbedaan karakter sebelum dan setelah menjadi pasangan suami istri kerap menjadi sumber konflik dalam berumah tangga. Setiap pasangan muda harus ditanamkan betul dalam hatinya niat membangun keluarga melalui pernikahan.

"Niatilah nikah ini meneladani dan melaksanakan sunnah rasul Muhammad SAW",tegasnya. Ia mengimbau kepada pasangan muda untuk tidak terjerumus dalam trend ikut-ikutan dan keterpaksaan. Pondasi rumah tangga berdasarkan trend demikian tidak jarang melahirkan banyak masalah dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Oleh karenanya, penting menanamkan rasa saling menerima dan menghormati antar pasangan agar tercipta ketenangan dalam berumah tangga. (Luq)

ed:ev