Hadiri Pembinaan di MAN 1 Pasuruan, Kakanwil Beberkan Strategi Kinerja Profesional dan Kompak



Kab. Pasuruan (humas) - Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram menghadiri Pembinaan ASN di Kementerian Agama Kab. Pasuruan pada Jum'at (13/5). Kegiatan ini bertempat di MAN 1 Pasuruan. Hadir dalam acara ini, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pasuruan, Kepala Sub Bagian TU Kemenag Kabupaten Pasuruan, Kepala Seksi dan penyelenggara di Lingkungan Kemenag Kab. Pasuruan, Kamad MAN 1 Pasuruan, dan segenap undangan.

Mengawali sambutannya, masih dalam momentum Idul Fitri, Kakanwil mengucapkan mohon maaf lahir dan batin kepada para peserta yang hadir. Dalam pembinaan ini, Kakanwil berpesan agar para ASN menjalin hubungan yang baik dengan semua stakeholder Kemenag dan ormas Islam. "Sinergitas antara pemerintah dan ormas sangat penting dalam membangun Indonesia yang makmur," jelasnya.

Kakanwil menjelaskan sikap yang harus dimiliki para ASN agar memiliki kinerja yang profesional dan optimal. Pertama, ASN harus memiliki sikap Muhadhoroh yaitu satu kesatuan dalam setiap program dan kegiatan yaitu secara fisik, hati, dan pikiran. "Contoh Muhadhoroh bagi pimpinan madrasah negeri, ialah bagaimana hati dan pikirannya betul-betul di madrasah itu untuk mewujudkan madrasah yang mandiri dan berprestasi," terang Kakanwil.

"Yang kedua adalah Muqorobah (Mendekat) dalam arti jika anda sekalian ingin meningkat karirnya maka tingkatkan prestasinya, tingkatkan level pendidikannya, kemudian tunjukkan ke atasan," lanjutnya. Maram menambahkan jangan sampai tidak mempublikasikan prestasi dan kinerja karena pimpinan dan masyarakat harus tahu. "Sedangkan yang ketiga adalah Musyahadah, yaitu publishing. Setiap aktifitas yang dilakukan dalam lingkup kerja masing-masing wajib disampaikan kepada masyarakat. Untuk itu, perlu mengkader humas agar handal dalam menyebarkan berita kegiatan-kegiatan yang dilakukan," ujarnya.

Selain aspek profesionalitas kinerja, Kakanwil juga membahas tentang keharmonisan rumah tangga bagi ASN. "Para ASN harus bisa menghargai perasaan pasangan masing-masing. Rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau. Insya Alloh pasangan kita adalah pilihan terbaik Alloh SWT. Kita harus bisa menjaga keutuhan rumah tangga kita," tuturnya

Kakanwil juga berpesan agar jajaran Kemenag di Kabupaten Pasuruan senantiasa menjaga kekompakan." Jika Kakankemenag mengatakan A, maka ASN se- Kemenag Pasuruan harus kompak melaksanakan A," pesannya. Kakanwil juga berpesan agar satker lebih proaktif dalam publikasi setiap kegiatan dan capaian prestasinya."Darimana masyarakat tahu tentang program kerja atau prestasi-prestasi yang telah diraih jika publikasinya kurang memadai,karena itu Kemenag Pasuruan harus kompak dalam memberikan pemberitaan," ujarnya.

Di akhir pembinaannya, Kakanwil berharap atas keberhasilan dan kesuksesan Kemenag Kab. Pasuruan. (ev/and)

ed:isn