Awali PTM Pasca Lebaran 1443 H, MAN 1 Probolinggo Gelar Istighasah dan Halal Bihalal



MAN 1 Probolinggo (Humas) – Setelah 3 hari MAN 1 Probolinggo menyelenggarakan pembelajaran via daring atau belajar dari rumah (BDR) sehabis libur hari raya, hari ini pembelajaran tatap muka (PTM) di madrasah dimulai kembali.

“Alhamdulillah, mulai hari ini kita sudah bisa mulai belajar dengan tatap muka lagi, kalau sebelumnya kita masih daring atau belajar dari rumah (BDR),” tutur Syaiful Abdi, kepala MAN 1 Probolinggo sesaat setelah pelaksanaan istighasah di depan jama’ah guru dan murid, Kamis (12/5/2022).

“Habis istighasah ini akan kita lanjut dengan kegiatan halal bihalal, tapi tetap kita melalui protokol kesehatan,” lanjutnya.

Kegiatan istighasah di MAN 1 Probolinggo rutin dilaksanakan setiap hari Kamis sebelum pembelajaran di kelas dimulai, hal ini seperti yang disampaikan oleh ketua Badan Penggerak Keagamaan (BPK) MAN 1 Probolinggo, Abdil Bar.

“Kebetulan anak anak hari pertama masuk kelas di madrasah hari ini, pas hari Kamis, ya seperti biasanya kita awali dengan penbacaan istigasah,” ungkap guru mata pelajaran Akidah Akhlaq ini, sehabis halal bihalal.

Dalam kegiatan istighasah yang digelar di halaman madrasah ini, tampak para siswa dan guru mengikuti dengan seksama bacaan istigasah yang dipimpin oleh Heru Lusianto, salah satu guru BK MAN 1 Probolinggo. Bapak Abdil Bar menyampaikan tujuan digelarnya program keagamaan ini setiap minggu, untuk turut mengasah kecerdasan warga madrasah di aspek spiritual.

“Ya ini juga untuk melatih dan membersihkan jiwa, biar tidak hanya mengandalkan otak semata,” tegas Abdil Bar

Sementara untuk gelaran halal bihalal, kegiatan mushafahah (berjabatan tangan) yang biasanya berjabat tangan langsung, namun pagi tadi terlihat hanya memberi kode penghormatan khusus dari murid kepada guru tidak dengan secara jabatan tangan langsung. (ZA/Puc)

ed:ev