Hadiri Rakor Evaluasi di Jakarta, Kakanwil Upayakan Optimalisasi Serapan Anggaran Tahun 2022



Jakarta (Humas) - Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Penyerapan Anggaran Kementerian Agama Tahun 2022 pada Kamis (11/5) di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama RI . Kegiatan yang dipimpin oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas ini dihadiri oleh Kakanwil dari seluruh provinsi di Indonesia.

Rapat koordinasi ini dalam rangka optimalisasi penyerapan anggaran dan pelaksanaan program tahun 2022 semester  I.  Sekretaris Jenderal Kemenag RI, Nizar Ali menjelaskan dengan melihat proyeksi dan target 75% pada bulan Juli 2022 tersebut maka setiap satker harus dapat menyerap anggaran pada bulan Mei sebesar 18,60% dari total anggarannya, bulan Juni harus menyerap 20,43% dari total anggarannya dan pada bulan Juli harus menyerap 15,30% dari total anggarannya. Dengan direalisasikannya target penyerapan tersebut maka pada akhir Juli serapan anggaran akan diproyeksikan mencapai 75,00%,” terangnya.

Nizar Ali juga berpesan untuk mencapai optimalisasi anggaran, tiap satker juga harus memperhatikan beberapa hal.  Dalam rangka  mencapai realisasi kinerja anggaran yang optimal maka setiap satker agar memperhatikan Aspek Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) yang terdiri dari Kesesuaian Perencanaan dengan Pelaksanaan dengan Pelaksanaan, Kepatuhan Terhadap Regulasi, Efektivitas Pelaksanaan Kegiatan dan Efisiensi Pelaksanaan Kegiatan,” jelas Nizar.

Nizar Ali dalam kegiatan ini juga membahas strategi-strategi yang dapat dilakukan Kanwil untuk mempercepat pelaksanaan anggaran semester I Tahun 2022, yaitu:

1.      Melakukan reviu atas DIPA secara periodik dan mengendalikan serta mengoptimalkan revisi anggaran dalam hal diperlukan penyesuaian kebijakan program/kegiatan

2.      Mengoptimalkan penyerapan anggaran secara proporsional setiap bulan berdasarkanrencana kegiatan dan rencana penarikan dana yang telah disusun.

3.      Mengupayakan proses Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) dilaksanakan dengan segera, sehingga kontrak dapatditandatangani dan pekerjaan dapat dilaksanakan sebelum semester I TA 2022

4.      Meningkatkan kualitas belanja melalui peningkatan efisiensi dan efektivitas belanja dengan mengutamakan pencapaian output dan outcome kegiatan

5.      Meningkatkan monitoring dan evaluasi serta pengawasan internal secara aktif dengan melibatkan peran APIP atas pelaksanaan program/kegiatan

6.      Meningkatkan kualitas pelaksanaan belanja modal, terutama dengan profil Belanja Modal Risiko Tinggi

Dengan adanya evaluasi ini, Satker diharapkan segera melakukan langkah-langkah strategis dan melaksanakan percepatan realisasi penyerapan anggaran sebelum akhir tahun, agar target capaian realisasi tahun 2022 dapat tercapai dan lebih baik dari sebelumnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Jawa Timur, Husnul Maram merasa optimis Jawa Timur akan mampu mencapai penyerapan anggaran yang ditargetkan. "Dengan adanya rapat evaluasi ini, Kanwil  Kemenag Jatim lebih mantap dan matang dalam melaksanakan program-program kerjanya," tuturnya. "Semua ini demi memberikan layanan terbaik kepada umat," pungkasnya.(ev/and)

ed:isn