Kakanwil Berikan Kiat Jadi ASN Berprestasi dalam Pembinaan di Kemenag Kabupaten Sampang



Kab. Sampang (Humas) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram menghadiri kegiatan pembinaan ASN di Kabupaten Sampang pada Selasa (10/5) dengan didampingi Ketua DWP Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Zulfatul Mufidah Maram. Kehadiran Kakanwil disambut dengan penuh kekeluargaan oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Sampang, Moh. Ersat beserta jajarannya.

Masih dalam momentum lebaran, Kakanwil mengawali sambutannya dengan permohonan maaf lahir batin. Ia berharap semoga segala amal ibadah di bulan Ramadan kemarin dapat diterima oleh Alloh SWT. “Semoga kita diberi umur panjang yang barokah sehingga bisa bertemu dengan bulan Ramadan di tahun depan. Allohumma amiin,” tuturnya.

Dalam pembinaannya, Kakanwil mengingatkan para ASN untuk senantiasa dapat melaksanakan muhadhoroh yakni menghadirkan hati dan fikiran dalam 1 kesatuan. “Insya Allah materi yang disampaikan narasumber ataupun penceramah akan melekat pada ingatan kita. Jika kita tidak bisa bersikap muhadhoroh, maka raga kita hadir di sini tapi fikiran ada dimana-mana sehingga pesan dari pemateri tidak tersampaikan dengan maksimal,” terangnya. Kakanwil juga menambahkan, pentingnya bagi ASN untuk bisa menghadirkan antara hati dan fikiran dalam 1 kesatuan karena dengan begitu para ASN bisa bekerja secara professional.

Dalam kesempatan ini, Kakanwil juga membahas terkait Pemberangkatan Haji Tahun 2022. “Setelah tidak memberangkatkan jamaah selama 2 tahun, tahun ini banyak masyarakat yang bertanya tentang informasi haji,” terangnya. “Saya harap para ASN Kemenag bisa menjawab dengan santun dan sesuai regulasi yang ada. Janganlah kita menjawab sembarangan karena sekarang ada beberapa berita hoax,” jelasnya.

Kakanwil juga membahas tentang strategi bagi ASN dalam meningkatkan karirnya. “Jika ingin diperhatikan pimpinan, maka tunjukkan prestasi yang dimiliki, buat prestasi-prestasi terbaik yang bisa dirasakan masyarakat dan publikasikan. Pimpinan tidak akan memandang sebelah mata jika ada anak buahnya berprestasi,” tegasnya.

Kakanwil meminta para ASN untuk menggunakan media social secara aktif dan positif. “Selain media web resmi, para ASN bisa memanfaatkan media-media sosial yang ada untuk mempublikasikan kegiatan / prestasi kita,” pesan Kakanwil. “Sebagai pemimpin, kita jangan hanya duduk dimeja saja, tetapi juga perlu survei di lapangan untuk monitoring dan evaluasi apakah sesuai dengan yang sudah digariskan,” terang Maram dalam memaparkan strategi kepemimpinan yang baik.

Kakanwil juga berpesan kepada para ASN Kemenag Sampang untuk bisa meneladani filosofi kereta api cepat. “Dalam pemberangkatan kereta api cepat, semua sudah sesuai jadwal,rute dan prosedur. Jika tidak demikian atau siapa yang menghalang-halangi akan tertabrak. Karena kita harus prosedur dalam bekerja,” tuturnya. Kakanwil juga berpesan untuk meneladani filosofi baris berbaris. “Kita semua ada dalam satu barisan maka harus kompak. Selain itu kita juga harus profesional dan transparan,” tuturnya. (ev/and)

ed:isn