Hari Kedua Pelunasan, 5453 Jemaah Jatim Telah Lunasi BiPIH



Hari Kedua Pelunasan, 5453 Jemaah Jatim Telah Lunasi BiPIH

Sidoarjo (PHU) - Memasuki hari kedua pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BiPIH), sebanyak 5453 calon jemaah berhak lunas Jawa Timur yang masuk daftar nama berhak lunas telah melunasi BiPIH. Hal tersebut disampaikan Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram saat diwawancarai di ruang kerjanya, Selasa (10/5). Jumlah tersebut, terang Kakanwil sudah mencakup 34 persen dari total jemaah berhak lunas. 

Maram mengatakan, tahun ini Jawa Timur mendapatkan kuota reguler sebesar 15.956 jemaah. Ia menambahkan pelunasan BiPIH  akan berakhir pada 20 Mei 2022 mendatang.

"Jika sampai tanggal 20 Mei, dari 15.956 jemaah berhak lunas itu ada yang tidak melunasi, maka cadangan yang sudah melunasi yang akan berangkat. Tapi, jika sampai tanggal 20 Mei, seluruhnya jemaah berhak lunas telah melunasi, maka cadangan yang walaupun sudah lunas, tidak bisa berangkat," jelasnya.

Maram mengatakan, ada dua metode pelunasan jemaah saat ini, yakni jemaah yang sudah lunas BiPIH tahun 2020 hanya melakukan konfirmasi pelunasan di Bank Penerima Setoran Bipih atau di Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.

Metode kedua adalah jemaah yang mengambil kemballi setoran lunas Bipih tahun 2020, yang bersangkutan melakukan pembayaran pelunasan Bipih 2022 kembali kepada BankPenerima Setoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih). (isn/and)

 Editor: Ev