Optimalisasi Pelaksanaan Serapan Anggaran, Kanwil Kemenag Jatim Hadirkan KPPN Sidoarjo dalam FGD



Sidoarjo (Humas) - Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram hadir dalam kegiatan FGD (Focus Group Discussion) Percepatan Serapan Anggaran pada Senin (9/5) di aula setempat. FGD ini terselenggara atas kerjasama Kanwil Kemenag Provinsi Jatim dengan KPPN Sidoarjo dalam rangka percepatan serapan anggaran Tahun 2022. Turut hadir dalam kegiatan ini Kabag Tata Usaha, Kepala Bidang, Sub Koordinator, Pejabat Pembuat Komitmen, Bendahara Pengeluaran, Bendahara Pengeluaran Pembantu, Fungsional Perencana dan Staff Pejabat Pembuat Komitmen pada tiap unit kerja.

Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan harapan atas terselenggaranya kegiatan ini. "Semoga FGD ini dapat memacu nilai kinerja kita. Penyerapan anggaran di Kanwil bisa ditingkatkan. Saya harap semua peserta bisa aktif dalam mengikuti FGD ini serta menyimak strategi-strategi yang dipaparkan para pemateri untuk mencapai serapan anggaran yang maksimal," pesan Maram. Kakanwil meyakini dengan percepatan serapan anggaran, program-program kerja Kanwil Kemenag Jatim akan berhasil dilakukan dengan baik. "Optimalisasi layanan kepada masyarakatpun dapat kita lakukan," imbuhnya.

Acara dilanjutkan penyampaian materi terkait Peningkatan Kinerja Pelaksanaan Anggaran Satkeoleh pemateri dari KPPN Sidoarjo yaitu Bapak Rani dan Bapak Ruslan. Pada FGD ini dibahas lima indikator kinerja pelaksanaan anggaran, yaitu Deviasi Halaman III DIPA, Data Kontrak, Pengelolaan UP/TUP, Konfirmasi Capaian Output dan Kesalahan SPM.

 Deviasi Halaman III DIPA

Untuk mendapatkan nilai tinggi pada indikator tersebut yang harus dilakukan adalah mengajukan revisi hal III DIPA sebelum batas pengajuan tiap triwulan dan menepati rencana kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya. Batas untuk triwulan 1 adalah 13 Februari, Triwulan II adalah 16 April, Triwulan III adalah 16 Juli dan Triwulan IV adalah 15 Oktober.

 Data Kontrak

Pendaftaran kontrak sebelum batas waktu yaitu paling lambat 5 hari setelah tanda tangan kontrak. Nilai untuk data kontrak adalah persentase jumlah kontrak yang terlambat dibanding semua kontrak yang diajukan.

 Pengeloaan UP/TUP

Melakukan pengajuan GUP setiap bulan, apabila tidak ada kegiatan yang dilaksanakan, UP dapat disetor sebagian untuk menghindari pemotongan UP atau keterlambatan revolving.

 Konfirmasi Capaian Output

Yang dimaksud penilaian konfirmasi capaian output adalah capaian output yang terkonfirmasi pada aplikasi E rekon. Apabila mencapai batas maksimal gap yang dipersyaratkan akan terkonfirmasi secara sistem, untuk output strategis gap maksimal adalah 5% dan untuk nonstrategis gap maksimal adalah 20%. Jika gab melebihi dapat mengisikan keterangan yang memadai dan hindari pengisian 0.

 Kesalahan SPM

Untuk mendapatkan nilai IKPA yang maksimal , maka upayakan untuk menghindari kesalahan SPM. Kesalahan supplier seperti contoh penerima tidak ditemukan, penerima tidak sama, nama rekening tidak ditemukan dan lain-lain dapat dilakukan dengan mengecekan suplier pada OMSPAN. Kesalahan yang lain seperti Pagu tidak tersedia dan lain lain dapat dihindari dengan memastikan pagu apakah dalam proses revisi atau tidak.

Dengan FGD ini diharapkan satker dapat lebih memahami hal-hal yang mempengaruhi serapan anggaran dan dapat melakukan langkah yang terbaik untuk optimalisasi layanan kepada masyarakat.(ev/and)

ed:isn