KKM MTs Tuban 2 Laksanakan Sosialisasi Program Kerja



Kab.Tuban (MTs N 2)- Hari Rabo, (26/1/22) Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTs Tuban 2 melaksanakan Pembukaan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) dan Sosialisasi Program Kerja KKM yang bertempat di Aula MTs Negeri 2 Tuban yang dihadiri ketua KKM MTs Tuban 2 beserta pengurus, koordinator MGMP dan anggota. 

Dalam sambutannya ketua MGMP Qomaruddin menyampaikan bahwa tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Tujuan kita adalah prestasi. Bagaimana mengajak anak untuk berprestasi di tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional." ucapnya. 

"Bagaimana mengajak anak bertransformasi dari yang hanya melaksanakan tugas, imitator, menjadi mampu berfikir kritis dan analisis yang baik. Sehingga kelak mampu membuat keputusan yang bijak dalam menyelesaikan masalah."  

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa seorang guru harus mempunyai inovasi dalam melaksanakan pembelajaran dan pendampingan talenta siswa serta penguatan karakter. "Karena prestasi dan karakter harus sejalan dan seimbang," terang penyuka olahraga ini. 

Dalam acara itu turut hadir pula Kasi Pendma Umi Kulsum dan Pengawas Madrasah Tsanawiyah. Dalam pembinaannya Kasi Pendma menghimbau guru untuk bisa memanfaatkan wadah MGMP untuk memacu prestasi siswa dengan cara selalu memperbarui wawasan dan cara penyampaian pembelajaran kepada siswa. 

"Meskipun tahun pelajaran ini telah disosialisasikan kurikulum prototipe, diharapkan madrasah tetap tidak kehilangan kekhasan madrasah, seperti pembiasaan-pembiasaan yang bernuansa keislaman," papar wanita berhijab ini. 

"Penerapan pembelajaran harus betul-betul dapat menanamkan amanat pendidikan abad 21, yaitu : 1) pendidikan anti korupsi, 2) literasi, 3) penguatan pendidikan karakter (4c) Critical Thinking and Problem Solving (berpikir kritis dan menyelesaikan masalah), Creativity (kreativitas), Communication Skills (kemampuan berkomunikasi), dan Ability to Work Collaboratively (kemampuan untuk bekerja sama)," lanjutnya.

Kegiatan MGMP di MTs Tuban 2 sebenarnya sudah berjalan cukup lama. Dan ini merupakan lanjutan dari Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dari program Madrasah Reform. 

Seperti yang kita ketahui Madrasah Reform adalah program revolusioner reformasi madrasah yang diluncurkan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI yang disupport penuh oleh World Bank yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan madrasah di seluruh Indonesia.

Semoga segala usaha kita mampu menciptakan generasi yang berkualitas dan mandiri. Sehingga bisa menjadikan Madrasah hebat bermartabat, mandiri dan berprestasi. (Tim Humas)

Editor: isn