Kakanwil Sapa GPAI SMA dan SMK Kabupaten Bondowoso.



Bondowoso (PAIS) - Disela-sela kunjungannya Ke Wilayah Timur Kepala Kanwil Kemenag Jatim H.Husnul Maram Menyempatkan diri Menyapa Para Guru Pendidikan Agama Islam SMA dan SMK Se Kabupaten Bondowoso Rabu (8/12) di aula SMK N 4 Bondowoso.

Kegiatan yang diprakarsai oleh MGMP SMA dan SMK ini dikemas dengan Kegiatan Pendampingan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk GPAI SMA dan SMK. Ikut hadir mendampingi Kepala Bidang PAIS Kanwil H.Santoso, Kepala Kemenag Kab Bondowoso H.Solihul Kirom, serta Kasi PAI SMA/SMALB & SMK Maimoen dan Kasi Pais Kab Bondowoso H.Suharyono 

Acara yang diikuti oleh GPAI SMA dan SMK yang tergabung dalam wadah MGMP sebanyak 60 Orang Serta 3 Pengawas PAI.  

Dalam kesempatan itu Kakanwil sampaikan sambutan serta arahannya, Mengawali sambutannya Husnul menekankan ada 7 program prioritas Kementerian Agama salah satu diantaranya adalah memperkuat moderasi beragama, hal ini juga pernah dicontohkan Rasulullah Bahwa Beliau Nabi kita sendiri Selalu menyampaikan Hormatilah agama lain, karena ajaran Islam sendiri tidak menganggap yang lain adalah musuh, oleh karenanya janganlah menganggap diri kita lebih benar dari yang lain.

Guru agama Islam harus paham bahwa banyak dikampung juga ada Gereja jangan dipermasalahkan atau jangan dianggap salah yang lain. Itulah maksud dari Moderasi Beragama. Sudah bukan saatnya lagi kita mempermasalahkan perbedaan perbedaan termasuk perbedaan mazhab. 

"Ketika kita menjumpai ada yang kecelakaan pasti kita nggak pernah menanyakan kamu agama apa disitulah letak moderasi beragama, Kakanwil berpesan agar para Guru Agama Islam tolong hal ini disosialisasikan ke para siswa," ujar Kakanwil.

Saat ini, terang Kakanwil kita dihadapkan dengan transformasi digital, oleh karenanya para guru harus kreatif, inovatif jangan hanya menikmati saja, jangan membagi hal-hal yang tidak penting di media sosial lebih baik bila ada yg tidak jelas dari sumbernya segera dihapus.

Sebelum mengakhiri sambutannya Kakanwil sekali lagi mengajak para GPAI mari perkuat moderasi beragama dan perkuat juga Cinta pada NKRI pungkas Kakanwil .(SI.Pais)

Editor: isn