Madrasah di Pasuruan Gelar PORSENI, Temukan Bakat Peserta Didik



 

Kab. Pasuruan (MIN 2 Pas/Inmas) - Pendidikan Nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

 

 

 

Dalam rangka peningkatan mutu dan daya saing di bidang non akademik, Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kecamatan Gempol Pasuruan melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan madrasah, khususnya dalam pengembangan pengetahuan, keterampilan, kepribadian, olah raga dan seni dengan menyelenggarakan Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) tingkat kecamatan yang dipusatkan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Pasuruan, Sabtu pagi (20/11).

 

 

 

Kegiatan tersebut sebagaimana Program Kerja dari Kementerian Agama Propinsi Jawa Timur Bidang Pendidikan Madrasah yang akan menyelenggarakan Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) pada awal Januari 2022 di Tulungagung.

 

 

 

Dalam apel pembukaan PORSENI yang dihadiri oleh Plt. Kasi Pendidikan Madrasah (Pendma) Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan, H. Moh. Yusuf, Ketua KKMI Kabupaten Pasuruan Hariyono, Pengurus KKMI Gempol dan Guru Pembina tersebut diikuti oleh 494 peserta dari 19 lembaga Madrasah Ibtidaiyah (MI) di kecamatan Gempol.

 

 

 

Dalam sambutannya, H. Moch. Yusuf berpesan kepada para peserta PORSENI agar tetap optimis dan harus percaya diri bahwa siswa-siswi madrasah sudah layak bahkan kompetensi dan kemampuannya dalam bidang non akademik sangat bisa disejajarkan dengan mereka para atlit nasional.

 

 

 

“Kegiatan Porseni ini adalah salah satu ajang untuk menemukan bakat dan minat peserta didik dalam bidang olahraga dan seni yang sudah ditentukan kriteria dan tolak ukurnya untuk mendapatkan peserta yang terbaik dari yang terbaik dari masing-masing lembaga yang nantinya akan dikirim dan dilanjutkan ditingkat kabupaten dan propinsi, bahkan Nasional,” papar Plt. Kasi PendMa.

 

 

 

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa kegiatan tersebut berupaya memberikan perhatian pada kekuatan jiwa, otot, otak dan seni peserta didik madrasah dalam mengembangkan kreativitas dan prestasi madrasah.

 

 

 

"Ajang ini juga merupakan salah satu proses pembelajaran untuk berekspresi, bertindak sportif serta beraktualisasi diri," imbuh Yusuf yang asli menjabat Kasi PHU Kankemenag Kab. Pasuruan.

 

 

 

Sementara Ketua KKMI Kec Gempol yang juga Ketua KKMI Kabupaten Pasuruan Hariyono mengatakan bahwa ada 13 cabang olahraga dan seni yang diikuti oleh masing-masing perwakilan dari lembaga. Untuk cabang seni antra lain  MTQ, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Inggris, Kaligrafi, Melukis, Tahfidz, Puisi, dan Menyanyi lagu islami. Sedangkan untuk cabang olahraga ada 4 yakni Bulutangkis, Tenis Meja, Lari 80/60 M dan Catur.

 

 

 

"Untuk 9 cabang Seni pelaksanaannya kami pusatkan di gedung dan ruang kelas MIN 2 Pasuruan, sedangkan untuk cabang olahraga kami menggunakan lapangan desa Bulusari dan Gedung Olahraga Bayu Kencana Gempol," ungkap Hariyono.

 

 

 

Lebih lanjut Kepala MIN 2 Pasuruan tersebut berharap agar pelaksanaan Porseni tahun ini berjalan lancar, sukses dan menghasilkan para peserta didik yang benar-benar berkompeten dimasing-masing cabang sehingga nanti ketika dikirim ke jenjang tingkat kabupaten dan propinsi bisa membawa harum nama lembaga masing-masing juga nama kecamatan Gempol maupun kabupaten Pasuruan umumnya. (tris/emen)

 

Ed:lai