Wujudkan Disiplin Pegawai, Kakanwil : Laksanakan 7 Program Prioritas Kemenag



Kota Madiun (Humas) – “Siapapun pemimpin kita, sebagai ASN Kemenag kita harus loyal kepada organisasi kita, Kementerian Agama” sebagaimana yang disampaikan Husnul Marom, Kakanwil Kemenag Prov Jatim pada Pembinaan Disiplin Pegawai di Lingkungan Kankemenag Kota Madiun, Selasa (23/11).

Ditegaskan olehnya, bahwa untuk mewujudkan disiplin ASN sebagaimana tercantum dalam PP No 94/2021 tentang Disiplin PNS, sebagai ASN Kementerian Agama harus bisa melaksanakan 7 Program Prioritas Kementerian Agama. Yang menjadi Prioritas Pertama adalah Penguatan Moderasi Beragama, yang mana sebagai ASN Kemenag dalam menjalankan kehidupan beragama harus moderat. Penyuluh agama baik Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Budha, baik yang ASN maupun Non ASN harus saling menghormati.

Prioritas Kedua, Transformasi Digital merupakan digitalisasi layanan dengan memanfaatkan tehnologi. “Warnai dunia digital dengan sumber yang benar, berpendapat yang baik dan benar karena itu sudah menjadi kewajiban dan keharusan. Dan Alhamdulillah Kemenag Kota Madiun telah menerapkan layanan digital” imbuhnya.

Yang menjadi Prioritas Ketiga, adalah Revitalisasi KUA yang mana KUA akan menjadi miniatur dari Kementerian Agama, akses layanan masyarakat semua tercukupi di KUA dengan cepat, gampang, mudah dan gratis. Kepala KUA juga bertindak sebagai PPAIW, yaitu pejabat berwenang yang ditetapkan untuk membuat akta ikrar wakaf.

Berikutnya Prioritas Keempat, Kemandirian Pondok Pesantren adalah dengan mewujudkan sumber daya ekonomi yang kuat yang akan menopang kebutuhan operasional pondok pesantren itu sendiri dan lingkungan sekitar pesantren, menjadikan pondok pesantren sebagai pesantren yang mandiri.

Kemudian Prioritas Kelima, Cyber Islamic University adalah universitas yang sistem kuliahnya dilaksanakan sepenuhnya secara daring, atau universitas terbukanya milik Kementerian Agama. “Dibentuk sebagai wadah bagi guru-guru madrasah, para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang ingin melanjutkan pendidikan sebagai sarjana namun terbentur biaya dan tempat kuliah yang jauh” terangnya.

Index Religiousity, sebagai Prioritas Keenam merupakan tolak ukur kualitas persaudaraan antar umat beragama sehingga menjadi pusat dalam bermoderasi beragama. “Yang terakhir sebagai Prioritas Ketujuh adalah Tahun Toleransi, dengan harapan tidak lagi muncul kasus-kasus intoleransi.” pungkasnya.

Kegiatan Pembinaan Disiplin Pegawai oleh Kakanwil dilaksanakan secara luring di Aula Kankemenag Kota Madiun dengan peserta sejumlah 60 orang dan secara daring live streaming dan live Youtube melalui laman kemenag kota madiun yang diikuti segenap guru dan pegawai di lingkungan Kankemenag Kota Madiun.

Pada kegiatan ini disampaikan pula oleh Munir selaku Kakankemenag Kota Madiun tentang layanan digital yang ada di Kemenag Kota Madiun, mulai dari e-kinerja suatu laporan catatan kinerja harian, si-arsip, PTSP online, Sistem Aplikasi Pembuatan Surat Tugas dan Surat Perjalanan Dinas Online (Sirsad) berikut inovasi program dari masing-masing seksi. Dan yang saat ini sedang diselesaikan pengerjaannya adalah adanya studio podcast, suatu siaran berupa rekaman suara dari host yang membahas topik tertentu melalui media internet. (da)

ed:ev