Telan Obat, Sikat Cacing yang Mendekat



Telan Obat, Sikat Cacing yang Mendekat

 

Kota Malang (MIN 1) Senin – Selasa (25-26/10/2021) siswa MIN 1 Kota Malang mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 minum obat cacing bersama-sama. Hal ini untuk mencegah siswa terkena penyakit cacingan. Banyak ekspresi lucu yang ditunjukkan saat siswa yang rata-rata di bawah umur 12 tahun ini menelan obat cacing tersebut.

 

“Heem…, gak ada rasanya. Tapi lama-lama kok pahit, ya, bu!,” ujar siswa kelas satu sambil tertawa.

 

Lisma selaku penanggung jawab UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) saat ditemui di ruang tamu menyampaikan, kegiatan minum obat cacing bersama ini sebagai bentuk pengawasan dan pengendalian penyakit cacingan. Sebab terkadang siswa diberi obat untuk diminum di rumah namun praktiknya obat itu tidak diminum dengan alasan lupa.

 

“Puskesmas rutin satu tahun sekali memberikan obat cacing melalui sekolah untuk diminum di rumah. Tapi terkadang guru tidak bisa memastikan apakah obat itu diminum atau tidak. Untuk bisa memastikan obat itu diminum, dibuatlah acara minum bersama di sekolah,” ujar ibu satu anak ini.

 

Lisma juga menambahkan, penyakit cacingan bisa membuat anak-anak anemia dan kurang gizi sehingga tumbuh kembangnya akan terganggu. Selain minum obat cacing, para siswa juga diajak untuk mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan dan setelah dari kamar mandi.(irm@)

 

Ed:lai