Dirjen PHU Monev Gedung PLHUT Kemenag Tulungagung



 

 

Senin, (25/10/2021) rombongan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Republik Indonesia, Bapak Prof. Hilman Latief,S.Ag. M.A., Ph.D melakukan kunjungan kerja ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung yang didampingi oleh Kepala Bidang PHU Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur ( Bapak Nurul Huda ) beserta rombongan  dalam rangka monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembangunan gedung Pusat Layanan Haji Terpadu (PLHUT) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung tahun 2021. Dalam kunjungan tersebut selain meninjau lokasi pembangunan beliau juga memberikan pengarahan kepada pihak Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung yang dalam hal ini sebagai penanggung jawab pelaksanaan proyek pembangunan gedung PLHUT yang dananya bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Dalam meeting tersebut sebelum beliau memberikan pengarahan terlebih dahulu mendengarkan paparan dari Pejabat Pembuat Komitmen ( PPK) dan Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung ( Bapak Masngut  )selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) yang bertanggung jawab atas pelaksanaan pembangunan gedung Pusat Layanan Haji Terpadu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung. Dalam kesempatan tersebut Pejabat Pembuat Komitmen menyampaikan laporannya kepada bapak Dirjen PHU bahwa pelaksanaan proyek dapat berjalan sesuai dengan regulasi yang ada, walaupun ada kendala baik secara teknis maupun di lapangan namun pekerjaan tetap dapat berjalan baik dan akan selesai pada tahun 2021 yang nantinya akan segera dapat difungsikan sebagai sarana penunjang pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji Dan Umroh (PHU ) Kantor  Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur juga menambahkan bahwa keberhasilan proyek Pusat Layanan Haji Umroh Terpadu (PLHUT) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung juga menjadi penentu kebijakan selanjutnya, ada beberapa  daerah  sudah mengusulkan  proyek PLHUT dan akan menerima dana yang bersumber dari SBSN tersebut, pada tahun berikutnya .Namun perlu dukungan dari beberapa pihak untuk dapat terealisasinya program tersebut dengan baik lancar dan aman sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang ada. Setelah menyimak penyampaian laporan dari pihak Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung dan juga beberapa masukan dari pihak Kantor Wilayah,Bapak Prof .Hilman Latief S.Ag. M.A., Ph.D  selaku Direktur Jenderal  Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Republik Indonesia memberikan pengarahan dan juga beberapa pendapat dan pemikiran untuk perbaikan tata kelola pada Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada kurun waktu mulai tahun 2020 sampai dengan tahun 2024 dapat berjalan sesuai dengan roodmap yang sudah direncanakan pada kurun waktu tersebut sesuai dengan timeline.

Menurut  Direktur Jenderal  Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Republik Indonesia  sebagai langkah dan upaya untuk membantu pihak yang dalam hal ini bertanggung jawab tentang pengadaan perlu adanya appraisal sebagai pendamping dalam menentukan nilai dan kewajaran harga, sehingga jika ada pemenang tender yang harga dalam penawarannya dirasa tidak wajar, maka appraisal dapat membantu Kuasa Pengguna Anggaran dan Pejabat Pembuat Komitmen untuk mempertimbangkan kembali sebelum terjadinya perjanjian kontrak kerja dengan penyedia. Hal ini sebagai antisipasi adanya kegagalan pekerjaan yang disebabkan akibat penawaran yang terlalu rendah dan tidak wajar sehingga penyedia banyak melakukan upaya yang dapat menimbulkan adanya kerugian dan juga kegagalan pekerjaan. Harapan ke depan agar Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah dapat lebih baik dalam tata kelola dan juga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kementerian Agama Kabupaten/Kota sebagai ujung tombak pelaksanaan pelayanan haji dan umrah pada level bawah harus mampu memperbaiki pelayanan kepada masyarakat termasuk perbaikan fasilitas layanan, sehingga indek kepuasan masyarakat dapat meningkat, target dan sasaran pembangunan dapat tercapai dengan maksimal. Demikian  Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umroh mengakhiri pengarahannya dan langsung meninjau lokasi pembangunan proyek untuk melihat secara langsung progres pembangunan gedung Pusat Layanan Haji Umroh Terpadu ( PLHUT ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung.

 

Ed:lai