MIN 2 Nganjuk Gelar Sosialisasi AKMI pada 163 Siswa



Kab. Nganjuk. (MIN 2) Dalam rangka memastikan pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2021 MIN 2 Nganjuk mengadakan sosialisasi AKMI seluruh siswa Kelas 5. Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia, disingkat AKMI adalah asesmen yang dilakukan pada siswa madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter. Hasil asesmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) merupakan penilaian kompetensi mendasar terhadap seluruh murid madrasah jenjang MI, MTs dan MA sebagai alat ukur untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. “AKMI mengukur tingkat literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial budaya siswa kelas 5 MI,” ujar Masrukin, M.Pd, selaku Kepala Madrasah MIN 2 Nganjuk.

Ia menuturkan, AKMI akan dilakukan secara online dalam bentuk Computer Based Test (CBT). Hasil dari AKMI digunakan sebagai dasar pelaksanaan bimtek tindak lanjut perbaikan pembelajaran guru, berikut pendampingannya sebagai persiapan. 

Sebanyak 163 siswa akan melaksanaan Gladi Bersih AKMI di Laboratorium Komputer MIN 2 Nganjuk sejak tanggal 27 Oktober 2021 untuk siswa pereode ke-3, 28 Oktober 2021 untuk siswa pereode ke-4 dan 1 November 2021 untuk siswa pereode ke-5. Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Pelaksanaan ini terbagi dalam 2 sesi setiap harinya. Setiap sesi memuat 18 siswa.

Sedangkan pelaksanaan AKMI Periode 1 sendiri akan digelar 8-9 November 2021,  Periode 2 akan digelar 10-11 November 2021, Periode 3 akan digelar 13 dan 15 November 2021, Periode 4 akan digelar 16-17 November 2021, Pereode 5 akan digelar 18 dan 21 November 2021. Sedangkan susulan 22-25 November 2021. (poer)

 

Ed:lai