Rayakan Maulid Nabi dan Hari Santri, UPZ Singojuruh Berikan Santunan dan Bazar Murah



Rayakan Maulid Nabi dan Hari Santri,  UPZ Singojuruh Berikan Santunan dan Bazar Murah

 

 

Kab. Banyuwangi (Humas)--Bertempat di depan KUA Singojuruh, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Singojuruh pukul 08.00 WIB mengadakan Sosialisasi Zakat, Infaq, Shodaqoh kepada Pengunjung Pasar dan Pengguna Jalan, Selasa (26/10). Kegiatan ini dalam rangka merayakan  Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional 2021.

 

Selain sponsor utama dari Baznas Kabupaten Banyuwangi, UPZ Kecamatan Singojuruh juga menggandeng  Kantor Kecamatan Singojuruh, Kantor Urusan Agama dan Penyuluh Agama Islam yang sebagian merupakan Pengurus dan Relawan Zakat.

 

Camat Singojuruh, Trisetia Supriyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan UPZ ini merupakan salah satu upaya sinergi dengan pemerintah membantu masyarakat yang membutuhkan. Dalam kesempatan itu dirinya juga menanyakan Kepada masyarakat yang hadir apakah sudah vaksin atau belum. "Sampun Pak," jawab mereka serempak. "Betul ya nanti saya cek," imbuhnya.

 

Mantan Kepala Mall Pelayan Publik Banyuwangi ini menyampaikan pentingnya vaksinasi sebagai upaya untuk mengantisipasi munculnya ancaman Gelombang 3 Covid-19 di Indonesia. Trisetia menjelaskan, bahwa Kecamatan Singojuruh telah mencapai 69% Vaksinasi dari target 70%. Meskipun begitu, masyarakat tidak boleh kendor dan lengah. "Tetap memakai masker ya bapak ibu," pintanya.

Acara dilanjutkan dengan Santunan 10 dhuafa' dan anak Yatim. Anak-anak tersebut didatangkan dari beberapa Desa di Kecamatan Singojuruh.

 

Andi Mikoyanto, Sekretaris UPZ Singojuruh menyampaikan, sembako murah dan pakaian yang disiapkan UPZ mencapai ratusan jumlahnya, terdiri dari Beras 1 kwintal lebih, telor 30 Kg, Gula Pasir 10 kg, minyak 10 Kg dan Mie Goreng 50 Buah. Pakaian pria dan wanita 70 buah, Songkok dan topi 10 buah serta sepatu anak 2 pasang.

 

Sebelumnya, Andi yang juga Penyuluh Agama Islam Fungsional  juga menyampaikan tentang manfaat Zakat, Infaq dan Shodaqoh. Ia juga menyampaikan progress pemasukan dan data masyarakat Singojuruh yang sudah dibantu Baznas Kabupaten Banyuwangi. Ketika ZIS meningkat, maka manfaatnya akan kembali kepada para Mustahiq  di Kecamatan Singojuruh.

 

Dirinya menjelaskan bahwa Sembako dan lainnya  bisa dimiliki dengan memasukkan uang di kotak Baznas seikhlasnya, sebagaimana tagline kegiatan "Ambil Paketnya, Sedekah Seikhlasnya". Dalam kesempatan itu,  panitia juga membagikan masker kepada masyarakat sebagai ikhtiar memutus mata rantai covid-19.

 

“Dalam waktu kurang dari 1 jam semuanya habis dan kotak Baznas mendapatkan Infaq sembilan ratus ribu rupiah,” pungkasnya. (miko/yasin)

 

Ed:lai