Persiapan ke Mesir, MAN 2 Pasuruan Kunjungi Pengembangan Bahasa UIN Maliki Malang



 

Kab. Pasuruan (MAN 2 Pas/Inmas) - Upaya membawa madrasah terus ditempuh demi mencapai visi madrasah, yakni Tahfiz Berliterasi Cerdas Karimah dan Berwawasan Ilmiah. Gerakan literasi terus berjalan, setelah 1000 cipta puisi, MAN 2 Pasuruan berkunjung balasan ke Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab – Inggris (PKPBA dan PKPBI UIN Maliki Malang) pada Kamis 21 Oktober 2021. Rombongan MAN 2 terdiri dari tim pengembang bahasa didampingi para wakil kepala diterima oleh direktur PKPBA-PKPBI Dr. Hamid dan didampingi para ketua program bahasa.

 

Menurut Kepala MAN 2 Pasuruan, Irham Zuhdi, tujuan kunjungan ini adalah mewujudkan kemampuan berbahasa Arab -Inggris siswa melalui pembiasaan (miliu/bi'ah) dalam berkomunikasi (muhadatsah/speaking), sekaligus persiapan penguatan bahasa Arab untuk program studi Al Azhar Cairo Mesir.

Program bahasa ini harus sukses khususnya bagi siswa jurusan bahasa dan Kelas IIK sebagai distingsi bagi jurusan lain dan tentunya persiapan ke Mesir,” tegas Irham. Oleh karena itu menurut nya program wajib berbahasa untuk tahun pertama dimulai dari jurusan bahasa. Banyak hal yang sudah disampaikan oleh direktur dan para ketua program, imbuhnya.

 

Untuk mewujudkan sukses pengembangan bahasa dimulai dari komitmen dan keseriusan pimpinan madrasah dan selanjutnya diikuti oleh para guru. Selanjutnya kepala madrasah akan menyiapkan tim pengembangan bahasa dan segera bekerja untuk menyusun planing.

 

Masih ingat statemen dari ketua program Inggris UIN Malang bahwa penguasaan dunia bergantung kepada seberapa luas kita menguasai bahasa. Kedua lembaga PKPBI-PKPBA dan MAN 2 Pasuruan bersepakat untuk segera menandatangani MoU untuk kerjasama pengembangan bahasa sebagai tindak lanjut dari nota kesepahaman Rektor UIN Malang Prof Dr Akhmad Zainudin dengan pengasuh Pondok Pesantren Terpadu Al Yasini KH. A. Mujib Imron satu bulan lalu, saat rektor UIN datang ke pondok pesantren. (ir/emen)

 

Ed:lai