Madrasah Robbotik Competition 2021, MTsN 1 Pasuruan Terima Anugerah Juara III Rancang Bangun



 

Kab. Pasuruan (MTsN 1 Pasuruan/Inmas) - Wajah sumringah dan sekaligus bangga terlihat dari dua pelajar MTsN 1 Pasuruan ini. Pasalnya mereka berdua telah berhasil meraih penghargaan  sebagai Juara III Rancang Bangun pada Madrasah Robbotik Competition 2021.

Adalah Ramadhani Cinta Nafala (14) dan Cherryl Izzaz Putri Melody (12) dua pelajar MTsN 1 Pasuruan yang berhasil mengharumkan nama Kabupaten Pasuruan dalam Kompetisi Robbotik Nasional 2021.

 

Kompetisi Robotik yang diumumkan pada Minggu (17/10) di Hall Nusantara BSD Tangerang Banten ini di ikuti oleh sejumlah madrasah se Indonesia, mulai dari jenjang MI, MTs dan MA. Adapun kompetisi ini meliputi kategori Rancang Bangun dan Mobile Robot. Untuk MTsN 1 Pasuruan mengikuti kompetisi kategori Rancang Bangun dengan judul "Full Protector Covid -19 For Visitor".

 

Acara penganugerahan Kompetisi Robotik diawali sambutan perwakilan Bupati Tangerang, Yani Sutisna. Dalam sambutannya, Yani menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga dengan penempatan penganugerahan Competisi Robotik Tahun 2021, dimana kota Tangerang menjadi tuan rumah.

Dirjen Pendis, Muhammad Ali Ramdhani dalam sambutannya berpesan kepada para pemenang agar tidak Jumawa, Juara yang sesungguhnya adalah mereka yang tidak mudah berpuas diri., terus mengembangkan diri. Dan bagi yang belum menang dalam kompetisi agar selalu belajar dari diri sendiri dan terus belajar berulang agar menghasilkan sesuatu yang diinginkan.

 

Selain Dirjen Pendis, Sekjend Kemenag RI, Nizar Ali ikut menyemangati para peserta. "Kami mengapresiasi upaya kerja keras panitia, Kepala Madrasah, Guru Pembina dan pendamping dalam menyiapkan wahana pengembangan kreativitas dan inovasi di bidang robotika, karena meskipun masih pandemi tetap semangat membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul di dunia robbotika,"pesan Sekjend Kemenag RI.

 

Sehari sebelum keberangkatan, Tim Robotik MTsN 1 Pasuruan  mendapat pembinaan dari Kepala Kantor Kemenag Kab. Pasuruan, H. Mohammad As'adul Anam. "Selama mengikuti kompetisi Robotik ini, kalian harus selalu memperhatikan protokol kesehatan, menjaga kesehatan untuk makan yang teratur dan minum probiotik,"ungkap kepala Kemenag.

 

Lebih lanjut Pak Anam sapaan akrabnya menambahkan bahwa mengikuti kompetisi itu yang terpenting adalah prosesnya, dan juara adalah bonus dari Allah dari apa yang sudah diusahakan dan diperjuangkan.

 

"Pemberian penghargaan bagi juara robotik di Tangerang ini memberikan kesan tersendiri bagi saya selaku kepala madrasah. “Saya bangga pada perjuangan dan pengorbanan dua siswa kami, Chynta dan Cheryl dan juga pada pembinanya bapak Khoirul Anam dan pak Bashori yang sudah membimbing dan dukungan dari seluruh keluarga besar MTsN 1 Pasuruan baik moril maupun material,” ungkap Herlina Sulistiani, Kamad MTsN 1 Pasuruan.

 

Didampingi Khorul Anam (pembina) dan Herlina Sulistiani (Kepala madrasah)  Chinta dan Cheryl menerima hadiah medali, sertifikat serta uang pembinaan sebesar Rp 8.000.000.

 

“Alhamdulillah ini adalah pengalaman yang sangat berharga bagi saya karena bisa mengikuti Kompetisi Robotik dan berhasil meraih juara. Kompetisi ini merupakan kompetisi yang kedua kalinya saya ikuti meskipun di tahun sebelumnya masih belum mendapat juara," ungkap Chynta.

 

Dan kepada teman -teman saya berpesan, kegagalan sebagai sukses yang tertunda, seperti yang kami alami saat ini, dengan berusaha keras, belajar dan berdoa, tentunya pasti segalanya akan tercapai, imbuh gadis manis 14 tahun ini didampingi Cheryl teman satu tim. (tya/emen)

 

 Ed:lai