Kompetisi Robotik Tingkat Nasional, Duo Siswi MIN 2 Pasuruan Raih Prestasi Fenomenal



 

Kab. Pasuruan (MIN 2 Pas/Inmas) - Rahma Awwani (12) dan Kayla Hanan Afia Setiawan (10) adalah Duo Siswi kelas enam dan lima di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Pasuruan yang berhasil membawa pulang uang tunai sepuluh juta rupiah dengan menyabet gelar Juara 1 dalam ajang Kompetisi Robotik Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2021 Kategori Mobile Robotik.

 

 

 

Kompetisi bergengsi diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Banten, (16-17/10/2021).

 

 

 

Kompetisi yang digelar tiap tahun tersebut merupakan ajang untuk mencari bakat dari siswa madrasah di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai perkembangan zaman. Untuk membuktikan bahwa siswa madrasah tidak hanya bisa menguasai ilmu agama saja, tetapi juga mampu bersaing dalam bidang teknologi dan sains.

 

 

 

Hal tersebut disampaikan oleh Kapala MIN 2 Pasuruan usai mengantarkan kedua siswanya mengikuti final dalam kompetisi robotik dua hari di Tangerang.

 

 

 

“Alhamdulillah hampir tiap tahun MIN 2 Pasuruan ini selalu masuk final, tahun kemarin juara 2 dan berkat bantuan dukungan dan do'a dari semuanya Alhamdulillah tahun ini utusan dari MIN 2 Pasuruan berhasil meraih juara 1 tingkat Nasional," jelas Pak Kamad, Hariyono.

 

 

 

Sementara Waka Kesiswaan MIN 2 Pasuruan Mufidah Lidiana berharap agar peserta didik di MIN 2 Pasuruan ini tidak hanya pandai secara akademik namun juga banyak generasi baru yang terus bermunculan untuk menunjukkan prestasi dibidang non Akademik, salah satunya adalah dalam ajang kompetisi robotik yang dikuti oleh dua perwakilan siswa MIN 2 Pasuruan sejak mengikuti seleksi pada awal September yang lalu.

 

 

 

"Ini adalah kado teristimewa menjelang hari santri Nasional, Terimakasih kepada Ananda Rahma dan Keyla yang sudah membawa harum nama madrasah dan kabupaten Pasuruan, kalian luar biasa," ungkap Mufidah Lidiana.

 

 

 

Sementara Rahma Awwani saat dikonfirmasi menyamakan rasa bangga dan haru hasil karya dengan temannya tersebut bisa menjadi juara 1 tingkat Nasional.

 

 

 

"Alhamdulillah senang, tidak menyangka saja padahal kami juga baru belajar dengan pembimbing, terima Kasih buat Pak Tholib, Pak Nanang dan Bu Mufidah, berawal dari rasa ingin tahu tentang bagaimana cara mengoperasikan dan memprogram robot,” ucap Rahma Awwani.

 

 

 

Terima kasih juga kepada Kedua orangtua, bapak kepala madrasah dan semua pihak yang mendoakan kami tanpa kalian kami tidak bisa seperti ini," imbuh gadis yang bercita-cita jadi guru tersebut. (tris/emen)

 

Ed:lai