MAN 1 Situbondo Gelar Upacara,Istighosah,dan Do'a Bersama Memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2021



Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015.Penetapan tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik 10 November 1945 yang kini diperingati sebagai Hari Pahlawan. Peringatan hari santri tahun 2021 mengusung tema Santri Siaga Jiwa Raga, sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mepertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia. 

Upacara bendera peringatan Hari Santri Nasional ke 7 jatuh tepat pada tanggal 22 oktober tahun 2021 pada MAN 1 Situbondo dilaksanakan terpusat di halaman madrasah Jl PG Demaas No 08 Desa Demung Kec Besuki  dimulai pukul 07.00 WIB,  bertindak sebagai pembina upacara yaitu Drs H Sahiyanto selaku Kepala MAN 1 Situbondo dan dapat diikuti seluruh Civitas Akademika MAN 1 Situbondo,baik siswa ,siswi  dan seluruh dewan guru serta Karyawan madrasah sangat antusias mengikuti upacara walau berada di bawah terik matahari.

    Dalam sambutannya Bapak Drs H Sahiyanto  menyampaikan sejumlah pesan kepada para siswa siswi "Ada baiknya kita memutar mundur arah jarum jam untuk bercermin dan meneladani para pejuang santri masa lalu. Sebagai ibrah untuk langkah kita kedepan yang lebih dinamis dan lebih islami.Sebagai santri yang betul mendidik dan membentuk dirinya pribadi yang taat.

    Selain menggelar upacara Hari Santri  MAN 1 Situbondo juga mengadakan Istighosah dan Doa Bersama Tujuan kegiatan ini adalah mengajak seluruh warga madrasah, pertama mendoakan Bangsa dan Negara Indonesia agar senantiasa diberi keselamatan terhindar dari musibah khususnya Covid-19. Kedua, mendoakan  KH AHMAD SIBAWAYHIE SYADZLI Sebagai pejuang madrasah dan para guru MAN 1 Situbondo yang telah mendahului kita. Ketiga, mudah-mudahan doa kita menjadikan madrasah meningkat kualitas dan kuantitasnya menuju madrasah yang hebat dan bermartabat".  untuk Pembacaan sholawat  juga kegiatan Doa dan Dzkir dipimpin oleh bapak H.Mahmud,S.Pd I ,Ini menjadi kegiatan civitas MAN 1 Situbondo setelah upacara.Tentunya semua giat hari santri disesuaikan dengan protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah 

Acara berakhir pada pukul 10.30 WIB.  Diharapkan acara yang dilaksanakan pada hari Jumat dapat menumbuhkan dan meningkatkan semangat cinta tanah air generasi muda terutama santri Indonesia  dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hari santri merupakan hari yang paling berkesan bagi santri. Siswa siswi pun puas dan khitmat dalam menjalani serangkaian kegiatan.  agar menjadi  lebih baik dikemudian nanti. “Harus lebih bertanggung jawab, tidak mudah patah semangat dalam kesulitan karena masih banyak orang yang kekurangan dan harus bisa bermanfaat bagi orang lain. Bahwa, Indonesia tak hanya dibangun di atas senjata, darah, dan air mata, tetapi berdiri karena keikhlasan dan perjuangan para santri religius yang berdarah Merah Putih.(Rafika)

 

Ed:lai