Bupati Lamongan Ikuti Upacara Virtual Hari Santri Nasional di Kantor Kemenag Lamongan



 

Lamongan – Bertempat di aula Kantor Kemenag Kabupaten Lamongan perayaan Upacara Hari Santri Nasional (HSN) secara virtual tahun 2021 di Kabupaten Lamongan berjalan hikmat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan Jum’at (22/10 2021). Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati dan Wabub Lamongan, jajaran Forkopimda, pejabat Kemenag Kab. Lamongan.

 

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, dalam sambutan menyampaikan dengan Tema Santri Siaga Jiwa Raga, artinya santri, khususnya di Kabupaten Lamongan harus siap menghadapi segala macam tantangan yang dihadapi dimasa depan. "Siaga Jiwa Raga menjadi sangat penting di era pandemi Covid-19 sekarang ini, di mana santri tetap disiplin dan tidak boleh lengah dalam melaksanakan protokol kesehatan," jelasnya.

 

Pada kesempatan tersebut, Yuhronur juga mengajak seluruh elemen masyarakat tak terkecuali para santri Lamongan turut bersinergi dalam pemulihan ekonomi Lamongan. “Sekarang ini yang kita hadapi adalah bagaimana memulihkan ekonomi di Lamongan kembali membaik," tandasnya

 

Orang nomor satu di Lamongan ini juga mengapresiasi 16 Pondok Pesantren di Kabupaten Lamongan yang telah masuk Program One Pesantren One Product (OPOP) Jawa Timur. Harapannya melalui program ini kesejahteraan masyarakat akan meningkat dengan berbasis pondok pesantren melalui pemberdayaan santri dan pesantren.

 

Sementara itu, Kepala Kemenag Lamongan, Fausi, mengungkapkan, peringatan hari santri yang ditetapkan setiap tanggal 22 oktober tidak lepas dari peran jihad para pendahulu, dimana para ulama, kiai hingga para santri berjuang membela dan terus memperjuangkan kemerdekaan yang bisa dinikmati sekarang ini. Oleh karenanya, menurut Fausi kewajiban santri saat ini berjuang tidak memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang dapat merusak pemikiran dan komitmen terhadap persatuan dan kesatuan Indonesia.

 

Fausi juga mengaku bangga atas support Bupati dan sinerginya dalam mendukung segala bentuk ekspresi para santri dalam membangun masa depan generasi Qurani Lamongan. (Ed)

 

Ed:lai