Yakinkan Para Jamaah Haji Kemenag Sumenep Gelar Sosialisai KMA No 660/2021 dan PMA No 13/2021



Kab. Sumenep (Inmas) Menindak lanjuti KMA No 660/2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji Pada Tanggal 03 Juli 2021 dan PMA No 13/2021 Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler Mengatur Tentang Pendaftaran, Penetapan Waktu Keberangkatan Jamaah Haji, Pembimbingan, Pembinaan Kesehatan, Serta Pembatalan Haji, maka Kantor Kementerian Agama Kab. Sumenep melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah menggelar sosialisai agar para jamaah haji yang tertunda keberangkatannya lebih yakin dan percaya serta lebih memahami bawa penundaan keberangkatan para jamaah tidak berdasarkan kehendak kita akan tetapi sudah merupakan ketentuan yang telah menjadi keputusan dan peraturan yang berlaku.

Acara sosialisasi tersebut dilaksanakan pada hari Kamis (21/Oktober) bertempat di aula  Al Ikhlas Kemenag yang dihadiri oleh Kabid PHU Kanwil Kemenag Prov. Jatim, Kakan Kenenag,BPS BPIH, Pegadaian,Kepala KUA, Perwakilan Satker serta para jamaah yang tertunda keberangkatanya, hal tersebut disampaikan oleh Kasi PHU Kemenag Sumenep H.Innani Mukarromah dalam laporannya. Dalam kesempatan tersebut Kakankemenag Sumenep yang diwakili oleh Kasubbag TU Muh. Rifa’I Hasyim hadir membuka acara serta dalam binaanya menyampaikan” pembatalan keberangkatan jamaah haji bukan kehendak kita, tetapi karena suasana pandemi yang telah menunda keberangkatan kita agar dapat menyelamatkan seluruh warga Negara dan tidak terjadi penularan virus yang sangat berbahaya.

Kepala Kantor Wilayah Provinsi Jatim yang diwakili oleh Kabid PHU DR.Moh. Nurul Huda, dalam paparan materinya menegaskan bahwa “Pembatalan keberangkatann jamaah haji murni disebabkan oleh pandemi covid-19 yang melanda dunia termasuk Arab Saudi dan Indonesia, dan pihak pemerintah wajib melidungi warga negara baik yang ada didalam negeri maupun diluar negeri melalui upaya penanggulangan pandemi covid-19”, Tuturnya.Terangkai pula dalam acara tersebut vaksinasi bagi para jamaah haji yang belum divaksin sebagai syarat utama bagi para jamaah yang akan berangkat. (Sus)

 

Ed:Lai