Siswi MAN 3 Jombang Menjadi Kafilah Jawa Timur dalam STQ Nasional



Siswi MAN 3 Jombang Menjadi Kafilah Jawa Timur dalam STQ Nasional

Kabupaten Jombang (MAN 3 Jombang) – Kebahagiaan dirasakan oleh Dina Rahmatun Najma Jamil (XII Agama 3). Siswi MAN 3 Jombang ini mewakili Jawa Timur dalam STQ (Seleksi Tilawatil Qur'an) nasional cabang MHQ (Musabaqah Hifdzil Qur'an) 5 Juz & Tilawatil. Event bergengsi  ini diselenggarakan LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an). Pelaksanaannya  dari tanggal 14 hingga 25 Oktober 2021 di Kota Sofifi, Maluku Utara.

Untuk menjadi kafilah mewakili Jawa Timur, Dina harus melalui perjuangan yang sangat panjang. Februari  lalu, ia mengikuti seleksi tingkat provinsi. Peserta seleksi adalah tiga besar MTQ Jawa Timur 2020, termasuk Dina yang kala itu menjadi juara 1. Setelah diumumkan lolos ke STQ Nasional, Dina mengikuti pelatihan intensif bersama pembina lokal dan nasional dari Bulan Juli hingga September.

Menurut Dina, ada empat kriteria penilaian dalam STQ Nasional ini. Kriteria tersebut adalah tajwid, fashohah, irama dan suara, serta tahfidz. “Saya sangat senang terpilih mewakili Jatim. Saya akan berusaha menampilkan yang terbaik,” ujar siswi yang bercita-cita menjadi dosen ini. (Zul)

 

Ed:lai