Hindari Stunting, Pelajar MAN 2 Kota Madiun Terima Tablet Tambah Darah



Kota Madiun (MAN 2) – Untuk mengatasi stunting dan sebagai upaya dalam mencegah anemia pada pelajar/siswa-siswi MAN 2 Kota Madiun agar tetap sehat dan selalu semangat dalam belajar menggapai cita-cita, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan dan BKKBN Kota Madiun dr. Denik Wuryani, melaunching Program Pemberian Tablet Tambah Darah, Selasa (12/10).

Bertempat di aula madrasah, program terselenggara atas kebijakan pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan/Dinas Kesehatan dan BKKBN Kota Madiun dan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 88 Tahun 2014 tentang Standar Tablet Tambah Darah bagi Wanita Usia Subur dan Ibu Hamil.

Diikuti oleh 150 siswi MAN 2 Kota Madiun, dan dihadiri Kakankemenag Kota Madiun yang diwakili oleh Kasubag TU Ahmad Khotib dan Kepala MAN 2 Kota Madiun Zainal Arifin beserta Ketua Komite Mas’ud.   

“Jaga selalu kesehatan, makan makanan yang bergizi seimbang termasuk yang mengandung zat besi dan minum tablet penambah darah yang mengandung asam folat agar tidak mengalami gejala anemia dan stunting. Harapan bangsa ada pada pundak kalian, untuk itu teruslah semangat dalam belajar raih cita-cita yang diinginkan” pesan Yuni Setyawati Maidi.

Ditekankan pula olehnya, bahwa masalah anemia yang sering dialami oleh remaja putri terutama pada saat menstruasi merupakan kejadian yang paling banyak terjadi. Hal ini bisa berdampak pada menurunnya prestasi sekolah, pertumbuhan badan yang kurang maksimal, rentan terhadap penyakit dan kurangnya produktifitas dalam kesehariannya.

Pada kesempatan ini, Yuni yang juga istri dari Walikota Madiun berkesempatan menyerahkan buku tentang pencegahan stunting untuk siswi MAN 2 Kota Madiun, yang mencakup intervensi gizi spesifik dan sensitive.

Diakhiri dengan peninjauan Pojok Kependudukan sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa sebagai upaya pembentukan generasi berencana, bertempat di Perpustakaan MAN 2 Kota Madiun (m2m.rv/da)

ed:ev