MAN 1 Kota Madiun Gelar Workshop Jurnalistik Dasar



Kota Madiun (MAN 1) – Guna mengasah kemampuan bakat siswa dalam menuangkan ide dan pemikiran ke dalam sebuah karya tulis, MAN 1 Kota Madiun menggelar Workshop Jurnalistik Dasar dengan tema Be Smart Journalist For Millenial in Society 5.0 selama 3 hari, Rabu (29/9) hingga Jumat (1/10) di Aula Atas MAN 1 Kota Madiun.

Dibuka oleh Waka Kehumasan Siti Fatimah, ditandai dengan penyematan tanda peserta jurnalistik serta simbolis penyerahan rompi jurnalistik. Dilanjutkan sambutan serta kata pengukuhan dan ikrar sumpah jabatan pengurus baru oleh Siti Fatimah diikuti seluruh pengurus baru.

Pengetahuan tentang dunia jurnalistik, suatu ilmu yang harus diketahui oleh siswa, sangat penting ditanamkan kepada siswa di era milenial seperti sekarang ini. Hal ini untuk mencegah peredaran hoax yang semakin masif beredar di tengah masyarakat agar tidak sembarangan ikut menyebarkan berita hoax.

Siswa diberikan materi dasar tentang jurnalistik, pelatihan menulis berita yang bertujuan supaya pembaca mudah mengetahui inti yang disampaikan dalam berita, khususnya dalam bermedia sosial. Siswa dilatih untuk bisa merubah karakter menjadi lebih baik, mampu mengemas naskah-naskah biasa menjadi naskah jurnalistik yang baik dan layak untuk diterbitkan dan menarik untuk dibaca.

Selain itu disampaikan pula materi kehumasan seperti desain komunikasi, editing video, fotografi, videografi serta public speaking sebagai modal dasar di setiap manajemen organisasi.

Di hari terakhir workshop, dilaksanakan pengukuhan anggota baru Jurnalistik MAN 1 Kota Madiun, serta serah terima jabatan pengurus masa bakti 2021/2022.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, tercetak kader-kader humas yang bertalenta di setiap organisasi MAN 1 Kota Madiun, yang cerdas, aktif dan responsive dalam mencari serta mengembangkan informasi sesuai kode etik jurnalistik. (Fyl/da)

ed:ev