Tingkatkan Kompetensi, Guru Agama Hindu Ikuti Workshop



Sidoarjo (Bimas Hindu) - Bimbingan Masyarakat Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur melaksanakan kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Hindu Angkatan II, yang diselenggarakan di Wantilan Pura Jala Siddhi Amerta, Sidoarjo pada Sabtu (9/10). Kegiatan ini diikuti oleh 60 orang peserta yang terdiri dari Guru Pendidikan Agama Hindu di sekolah umum maupun Guru Agama Hindu di Pasraman dari empat Kabupaten/Kota yaitu Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Mojokerto.

Kegiatan workshop ini dibuka oleh Pembimas Hindu Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Budiono.Ia berpesan agar guru mampu memunculkan kreativitas dalam proses belajar mengajar baik itu daring maupun luring.

" Karena bagaimanapun guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mampu memberikan teladan yang baik untuk anak didik," ujarnya.

Guru pendidikan agama Hindu di sekolah umum dan di sekolah pasraman, terang Budiono  sama – sama memiliki peranan penting dalam membentuk generasi-generasi Hindu yang memiliki karakter dan pengetahuan agama yang baik.

"Jika di sekolah umum para siswa mendapatkan pendidikan formal keagamaan maka di pasraman siswa akan belajar disiplin spiritual, belajar seni keagamaan, beajar yoga untuk menciptakan kesehatan jasmani, dan belajar menata hidup yang baik," tuturnya.

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan semangat kepada guru pendidikan agama Hindu untuk terus mengabdi menjadi pendidik yang penuh dengan dedikasi.

Budi menambahkan, materi yang disampaikan oleh narasumber akan memberikan strategi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan jaman dan teknologi serta bagaimana pengaplikasiannya dalam dunia pendidikan. (Hnd)

Editor: isn