Antusiasme dan Harapan Masyarakat pada Ma'had Aly di Pesantren Kian Meningkat



Sejarah Indonesia tidak bisa lepas dari pesantren. Pesantren adalah model pendidikan tertua di Indonesia, sebelum akhirnya datang model model pendidikan lain. Namun pesantren tetap menjadi primadona tersendiri bagi masyarakat Indonesia.

Jaman memang sudah berubah, banyak pilihan model pendidikan berkembang. Mengikuti alur zaman adalah keniscayaan. Namun begitu tetap pada rel yang benar dan tidak bertentangan dengan budaya bangsa ataupun nilai agama. Dan pesantren sudah melewati berbagai zaman dan tantangannya. Nyatanya, pesantren semakin exis dalam perannya mencerdaskan kehidupan anak bangsa yang ber-akhkaq alkarimah 

Dalam perjalanannya, negara perlu hadir dalam peran perlindungan dan pembinaan kepada pesantren sebagai suatu lembaga pendidikan. Negara hadir bukan untuk merubah model pembelajaran pesantren, sebab itu sudah menjadi takhasus atau ciri khasnya pesantren, semisal bandongan, soroganan dan lain sebagainya. Namun negara hadir dalam perspektif afirmasi, rekognisi dan fasilitasi.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Leksono Kabid PD Pontren dihadapan para pengurus dan santri Pondok Pesantren Darul Lughah wal Karomah Kabupaten Probolinggo pada Selasa (5/10).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa untuk memberikan afirmasi dan recognisi dalam artian pengesahan dan pengakuan kepada lulusan pesantren, maka pemerintah  mendorong agar pesantren mendirikan lembaga pendidikan formal di dalam pesantren. Pendidikan formal dapat berupa Pendidikan Diniyah Formal disingkat PDF, Satuan Pendidikan Muadalah atau SPM dan Pendidikan Tinggi Pesantren atau biasa disebut Ma'had Aly. 

Ditempat yang sama, Rahmat Arofah Kasi PDF dan MA saat mendampingi Kabid PD Pontren mengapresiasi pesantren yang akan mengembangkan dirinya melalui pendidikan tinggi berciri pesantren. "Kami mengapresiasi kepada pesantren Darul Lughah wal Karomah yang akan mendirikan Ma'had Aly, ini menjadi mementum yang pas  sebagaimana harapan pemerintah menjadikan pesantren sebagai wadah pendidikan tinggi berkhasanah pesantren bagi santri dan masyarakat" ujar Dr Rahmat kepada pengurus pesantren.

Dikesempatan yang sama, KH. Muktafi salah satu pengasuh Pondok Pesantren Darul Lughah wal Karomah mengatakan bahwa pendirian Ma'had Aly merupakan langkah strategis untuk memenuhi antusiasme dan harapan pengurus pesantren, masyarakat dan santri agar ada wadah pendidikan tinggi formal di pesantren dengan tetap bercirikan pendidikan khas pesantren. (sud/jsf)