Porseni MTs Jatim Dibuka, Kontingen Diminta Bertanding Sportif



Kota Malang (PendMa) - Pekan olah raga dan seni jenjang madrasah tsanawiyah tingkat Provinsi Jawa Timur telah dibuka secara resmi oleh Plt. Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Muhammad Nurul Huda, Senin (4/10) di aula MTsN 1 Kota Malang. Saat membuka acara, Huda berpesan kepada kontingen untuk menjaga persatuan dan kekompakan.

"Manfaatkanlah momen baik ini untuk mengembangkan bakat seni dan olah raga kita. Keluarkan kemampuan dan ketrampilan secara maksimal agar menjadi juara, Jangan putus asa dan tetap semangat," pesannya.

Ia juga meminta kontingen untuk senantiasa menjaga sportivitas  serta menumbuhkan semangat persahabatan. Hal ini, tegas Plt. Kakanwil karena ajang yang digelar rutin setiap tahun ini juga sebagai ajang silaturrahim madrasah di Jawa Timur.

Meskipun masih dalam masa pandemi yang telah mengurangi intensitas pertemuan guru murid, Plt Kakanwil mengapresiasi semangat guru dan siswa dalam mempersiapkan kontingennya.

" Kondisi pandemi tidak menyurutkan semangat guru dan siswa dalam mempersiapkan diri mengikuti even porseni ini. Semoga momen ini dapat memunculkan bibit-bibit  Jatim yang kompeten dan berprestasi dan bisa bertanding bersaing di kancah nasional," ujarnya.

Sementara itu, Syamsuri Kepala Bidang Pendidikan Madrasah menjelaskan tema Porseni kali ini adalah mengasah prestasi, mengasah potensi dan meraih prestasi dalam mewujudkan Madrasah Mandiri berprestasi.

Mandiri, tambah Syamsuri adalah mandiri dalam belajar, mandiri dalam hidup, mandiri dalam berpikir, mandiri dalam berpendapat, mandiri dalam berkreasi dan mandiri dalam berinovasi.

Adapun cabang olah raga yang dipertandingkan, terang Syamsuri adalah  pencak silat, bulu tangkis, tenis meja dan catur. Sedangkan cabang seni yang seni yang dikompetisikan adalah MTQ, tahfid, pidato  bahasa Indonesia, pidato bahasa Arab, pidato bahasa Inggris, kaligrafi kontemporer dan madrasah singer..

Ajang kompetisi yang digelar mulai hari ini, Senin (4/10) hingga 28 Oktober nanti ini digelar secara online dan offline. Cabang lomba yang digelar secara offline di MTsN 1 Kota Malang adalah lomba bulutangkis, tenis meja dan catur.. Sedangkan pencak silat dan seluruh cabang seni lainnya dipertandingkan melalui online. (isn)