Babak Penyisihan, Ini 5 Peserta Yang Berhak Masuk Final



Sidoarjo (PAIS) - Lomba penulisan kaligrafi Pentas PAI jenjang SMP Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur telah usai digelar pekan lalu, Selasa (28/9) secara online dari Kankemenag Kabupaten Kota masing-masing. Hasil karya pun telah diterima panitia maksimal satu hari setelahnya, cap pos pada Rabu (29/9). Kini, babak penyisihanpun digelar di aula Al Ikhlas Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Senin (4/10). Babak penyisihan kaligrafi kali ini akan memilih 20 karya terbaik untuk dinilai dewan hakim menuju babak final.

Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Santoso berharap kegiatan ini bisa mengembalikan semangat belajar siswa setelah hampir satu tahun lebih mengikuti pembelajaran secara daring dari rumah masing-masing.

Sementara itu, KH Faiz, kaligrafer internasional sekaligus ketua dewan hakim pada cabang lomba kaligrafi ini mengungkapkan apresiasinya atas penyelenggaraan lomba kaligrafi untuk siswa. "Saya senang sekali, karena Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, ada upaya membuat lomba menulis arab kaigrafi untuk anak SMP, karena menulis arab ini adalah perintah Alloh SWT," ujarnya.

Ia menjelaskan, ada beberapa kriteria penilaian dalam lomba kaligrafi, diantaranya adalah kebenaran tulisan, kebersihan, kreativitas dan imajinasi, serta perpaduan tata warna seperti halnya penilaian lomba kaligrafi di tingkat nasional.

Pria yang sering ditunjuk sebagai dewan hakim lomba kaligrafi di tingkat nasional ini betharap lomba penulisan Arab ini bisa terus dilanjutkan, sebagai bagian dari syiar agama Islam.

Dari 20 karya yang sudah dipilih diawal,  Dewan juri yang terdiri dari KH Faiz, Ustad Mihdar, dan Ustad Yasir telah memutuskan 5 karya kaligrafi yang berhak maju menuju babak final pada pekan depan, 12 Oktober 2021. Kelima hasil karya kaligrafi tersebut adalah kaligrafi karya peserta dari Kabupaten Ngawi, Nganjuk, Situbondo, Kota Madiun, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Jember. (isn)