MAN 1 Kota Madiun, Visitasi Akreditasi Madrasah secara Daring



Kota Madiun (MAN 1) – Visitasi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) untuk mengukur dan memberikan penilaian terhadap sekolah/madrasah yang telah di visitasi.

Pelaksanaan akreditasi MAN 1 Kota Madiun oleh tim asesor BAN-SM Tri Asetyo Miseno dan Yusuf Effendi dengan melakukan observasi kondisi sarana dan prasarana, lingkungan madrasah, telaah dokumen serta wawancara dengan responden siswa madrasah, orang tua/wali siswa dan ketua komite, Senin-Selasa (20-21/9).

Melalui virtual zoom, kedua asesor melempar beberapa pertanyaan seputar system pembelajaran, ekstra kurikuler dan program kegiatan siswa seperti kewirausahaan, serta minat sekolah di MAN 1 Kota Madiun. Dan pernyataan tersebut ditujukan kepada siswa madrasah, diantaranya Azra sebagai Ketua OSIS, Jasmine Bilqis siswa kelas X, Agashi Yanda siswa kelas XI dan Ilham Khoirul siswa kelas XII sebagai perwakilan jenjang kelas.

Lebih lanjut, pertanyaan mengenai peranan komite dalam kegiatan madrasah terutama mengenai Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Madrasah, yang semuanya itu dijawab oleh Ketua Komite. Begitu pula pertanyaan tentang motivasi orang tua/wali siswa dalam pembelajaran anak di madrasah, yang jawabannya diwakili oleh Yuniarti salah satu perwakilan orang tua/wali siswa.

Kegiatan akreditasi diselenggarakan dalam rangka peningkatan mutu Pendidikan nasional secara bertahap, terencana dan terukur, sesuai dengan amanat UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, BAB XVI bagian kedua pasal 60 tentang akreditasi, pemerintah melakukan akreditasi untuk menilai kelayakan program atau satuan pendidikan demi mewujudkan layanan prima kepada public.

“Perolehan nilai akreditasii akan sangat mempengaruhi standar dan kualitas madrasah sebagai pengelola Pendidikan, dan merupakan hal yang sangat penting sebagai upaya upaya menarik minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di madrasah,” ujar Imam Tafsir, selaku Kepala MAN 1 Kota Madiun. (FTM/da)

Editor:lai