Ma'had Aly Terus Bergerak Menuju Pendidikan dengan Mutu dan Kualitas Tinggi



Kab. Tuban (PD Pontren) - Strategi Ma'had Aly dalam peningkatan kualitas pendidikan mengarah pada peningkatan beberapa aspek mutu. Mulai aspek kurikulum, aspek lembaga, aspek dosen dan tenaga kependidikan, serta aspek lulusan.

Ke empat aspek tersebut menjadi instrumen dalam mengukur kapasitas mutu Ma'had Aly. Maka dalam perjalanan akademiknya, Ma'had Aly harus senantiasa memperhatikan secara serius ke empat aspek tersebut. Hal tersebut sebagaimana diutarakan Leksono, Kabid PD Pontren Jawa Timur dalam kunjungannya di Ma'had Aly Sunan Bejagung Tuban pada Jumat (24/9)

Lebih lanjut Leksono mengingatkan agar semua Ma'had Aly di jawa timur memaksimalkan peran Tim Penjaminan Mutu internal di masing-masing lembaganya.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Rahmat Arofah selaku Kasi PDF dan Ma'had Aly memberikan tambahan bahwa penjaminan mutu tidak hanya dilakukan secara internal namun juga melibatkan tim penjaminan mutu external, agar terjadi balance control dalam penerapan instrumen penjaminan mutu.

Selanjutnya dalam mendukung peningkatan mutu Ma'had Aly, salah satunya, Ma'had Aly melalui dosen dosennya harus familiar dalam kajian ilmiah di wadah jurnal jurnal ilmiah. Dr. Rahmat Arofah sangat percaya bahwa dosen dosen di Ma'had Aly sudah mempunyai tradisi skill akademik yang tinggi dalam forum forum batsul masa'il atau forum musyawarah keilmuan di dalam tubuh pesantren. Tradisi akademik keilmuan seperti ini, menjadi modal yang bagus untuk berkiprah dalam jurnal jurnal ilmiah baik tingkat nasional maupun jurnal internasional. Sebab Ma'had Aly harus terus bergerak menuju mutu pendidikan berkualitas tinggi. Maka peningkatan kualitas sumber daya dosen menjadi aspek penting selain keempat aspek mutu lainnya.

Dalam kesempatan ini, Mudir Ma'had Aly Sunan Bejagung, Gus Najib Abdul Matin mendukung langkah langkah yang dipesankan oleh Kabid PD Pontren dan jajarannya dalam meningkatkan mutu ma'had aly kedepan. "Kami sangat berterima kasih dan insya Alloh terus bersinergi dengan Kementerian Agama dalam memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat melalui ma'had aly yang berkualitas" ujar Gus Najib dalam sambutannya mewakili KH. Abdul Matin selaku pengasuh PP Sunan bejagung Tuban.

Selain melakukan diskusi dengan jajaran pengurus Ma'had Aly Sunan Bejagung, juga memantau pelaksanaan  Ujian Akhir Semester Mahasantri, "Semoga ujiannya lancar, sehat semuanya, tetap semangat dalam menimbah ilmu, kalian adalah generasi unggul masa depan bangsa," pesan Leksono dihadapan mahasantri sesaat sebelum ujian. (sud/jsf)

Editor: isn