Mutakhirkan Data Pemilih, Kanwil Kemenag Jatim dan KPU Teken MoU



Sidoarjo (Pendis) - Untuk memutakhirkan data pemilih berkelanjutan, Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur bersama dengan KPU Jawa Timur menandatangani Memorandum of Understanding (MoU), Selasa (21/9).

Kerja sama untuk mewujudkan data pemilih yang valid ini dengan memanfaatkan data Education Management Information System (EMIS) pendidikan Islam dan pondok pesantren serta Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) yang telah dimiliki oleh Kementerian Agama.

M.Nurul Huda, Plt. Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur menuturkan, pihaknya memiliki satuan kerja yang sangat besar. Tak hanya madrasah, tapi juga pondok pesantren dan KUA yang tersebar di seluruh pelosok Jawa Timur.

"Akan kita sosialisasikan kepada seluruh satker untuk ikut mensukseskan program pemutakhiran data ini," terang Nurul Huda di Kantor KPU Jatim.

Viryan Azis, Ketua KPU RI mengatakan kegiatan ni merupakan kerja sama pemutakhiran data pemilih yang pertama dilakukan di Indonesia. Melalui kerja sama ini, ia berharap bisa menjadi literasi demokrasi sesuai dengan proporsinya.

Ia menjelaskan bahw Pemilu merupakan ajang kolosal yang melibatkan banyak warga negara dalam satu waktu, sehingga apabila ada masalah dari segelintir pemilih maka dapat mempengaruhi kualitas Pemilu di Indonesia.

"Hasil diskusi kami dengan KPU negara lain menunjukkan bahwa dari seluruh negara di dunia, hanya 11 negara yang belum mempraktekkan pemilu nasional. Sehingga demokrasi merupakan suatu cara yang terbaik untuk sirkulasi pemimpin di dunia," imbuhnya. (Isn)