Komitmen Kemenag Jatim Jadikan Ma'had 'Aly Sebagai Pendidikan Tinggi Indonesia Rujukan



Bangkalan (PD Pontren) - Pesantren yang sudah mempunyai Tradisi Akademik merupakan modal awal untuk mengembangkan diri menjadi lembaga pendidikan yang unggul dalam mempersiapkan kader ulama. Salah satu upayanya adalah dengan menyelenggarakan pendidikan tinggi dan pengelolaan Ma'had Aly.

Keberadaan Ma'had Aly menjadi peluang besar dalam mengembangkan kajian keislaman sesuai kekhasan pesantren yang berbasis kitab kuning secara berjenjang dan terstruktur.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Jawa Timur, Leksono, dalam kunjungan kerjanya di Ma'had Aly Tepa'nah Darussalam Kokop Bangkalan pada Selasa (21/9).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Ma'had Aly merupakan pendidikan tinggi setingkat dengan perguruan tinggi islam, dan merupakan pendidikan tinggi formal yang diakui oleh negara yang lulusannya akan mendapatkan ijazah dan gelar akademik. 

Dihadapan Mudir Ma'had Aly dan para dosen, Dr. Rahmat Arofah Kasi PDF dan Ma'had Aly yang mendampingi Kepala Bidang menambahkan bahwa Ma'had Aly harus didukung oleh dosen yang profesional, ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan tegnologi melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kemenag Jawa Timur terus mendukung upaya peningkatan tata kelola dan penjaminan mutu Ma'had Aly yang ada di Jawa timur. Ini sesuai komitmen Kemenag Jawa Timur yang ingin menjadikan Ma'had Aly di Jawa Timur menjadi Ma'had Aly rujukan di Indonesia.

"Kami berharap Ma'had Aly Tepa'nah Darussalam Kokop Bangkalan ini menjadi salah satu Ma'had Aly kebanggaan Kementerian Agama khususnya di wilayah Madura dan sekitarnya dalam mengembangkan Pendidikan Tinggi di Pesantren, Kami berkomitmen Ma'had Aly di Jawa Timur menjadi Pendidikan Tinggi rujukan di Indonesia" pesan Leksono dihadapan mudir dan para dosen.

Kunjungan Kemenag Jatim disambut langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren KH Shofwan Mustofa, dan Mudir Ma'had Aly KH. Kholilur Rahman, M.Pdi serta jajaran dosen dan pengurus.

Kholilur Rahman selaku Mudir Ma'had Aly  mengucapkan terima kasih atas dukungan Kementerian Agama Kabupaten Bangkalan dan Kemenag Jawa Timur yang terus mensuport dalam pengembangan mutu dan tata kelola pendidikan Ma'had Aly. (sud/jsf)

Editor: isn