Plt KakanwilHadiri Silaturrahmi dan Sosialisasi PMA  Bersama FK KBIHU Jawa Timur



 

Surabaya (PHU) - Untuk membangun sinergi dengan KBIHU, Moh Nurul Huda, Plt Kakanwil Kemenag Prov. Jatim sekaligus Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Sabtu (18/9) menghadiri acara silaturrahmi sekaligus ta`aruf dengan pengurus baru FK-KBIHU Provinsi Jawa Timur yang bertempat di Gedung Dakwah Yayasan Nurul Hayat Surabaya.

Mengawali sambutannya, Moh. Nurul Huda, mengajak peserta silaturrahmi membacakan Surat Al Fatihah untuk Almarhum KH. Achmad Shofwan, Lc, MA, Ketua FK KBIHU Jawa Timur yang telah wafat, tanggal 5 Juli 2021 yang lampau. Huda menambahkan, selama dipimpin Almarhum, Bidang PHU dan FK KBIHU hubungannya sangat harmonis, sering kita melaksanana kegiatan bersama-sama , KBIHU adalah mitra penting dalam memberikan bimbingan dan pembinaan kepada jamaah haji"

Selanjutnya Plt. Kakanwil menyampaikan selamat kepada KH. Abu Bakar Assegaf, SH, Ketua terpilih DPW FK KBIHU Provinsi Jawa Timur periode 2021-2024 dalam Musyawarah Wilayah Luar Biasa Forum Komunikasi KBIHU se Jawa Timur yang diselenggarakan 11 September 2021.

Dalam kesempatan lain, Plt Kakanwil juga menginformasikan, bahwa saat ini ada regulasi baru, yaitu PMA Nomor 13 Tahun 2021, tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler. Dalam regulasi baru ini ada beberapa perubahan yang perlu diketahui KBIHU, utamanya dalam hal pembinaan. Huda melanjutkan, kedepan Pembinaan dilakukan dalam bentuk penyuluhan dan pembimbingan yang teknisnya nanti akan diatur dalam Kepdirjen PHU

Sambutan berikutnya, KH. Abu Bakar Assegaf mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Plt. Kakanwil, dalam kesibukannya yang luar biasa, bersedia hadir dalam acara ini, Beliau tidak menyia-nyiakan kesempatan pertemuan ini, beberapa saran dan usul disampaikan Abu Bakar kepada Bapak Plt, salah satunya yaitu agar Kemenag dalam melakukan rekrutmen petugas haji, Khususnya Petugas Pembimbing Ibadah Haji (TPIHI) jangan sembarangan dan asal pilih, harus benar-benar selektif, utamanya pengetahuan terhadap ilmu manasik, karena tanggung jawab TPIHI sangatlah berat, yakni berhubungan dengan sah atau tidaknya rangkaian ritual ibadah para jamaah haji.

Acara silaturrahmi dilanjutkan dengan tanya jawab terkait PMA Nomor 13 Tahun 2021 dan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh KH. Ach. Huda Cholili dari Bangil Pasuruan (alla)