Ambil Langkah Strategis, Kemenag Berikan Bantuan Oksigen Konsentrator pada Ponpes Jatim



Jombang (PD Pontren) - Pemerintah terus melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona. Keseriusan pemerintah tidak hanya melakukan pengetatan kegiatan masyarakat tapi juga merambah ke dunia pendidikan. 

Pemerintah melalui Kementerian Agama memberi perhatian khusus kepada kesehatan santri di pondok pesantren. Kali ini, Kementerian Agama RI bekerja sama dengan ASTana (Aksi Santri Tanggap Bencana) dan Tanoto Foundation memberikan bantuan oksigen Konsentrator bagi Poskestran (Pos Kesehatan Pesantren) pondok pesantren di wilayah Jawa Timur.

Penyerahan bantuan dihadiri  oleh KH. Ahmad Syauqi Ma'ruf Amin, Dr. Waryono Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Leksono, Kabid PD Pontren Jawa Timur dan jajarana pejabat di Kantor Kementerian Agama Jombang dan instansi terkait sertan beberapa pondok pesantren penerima bantuan.

Seremoni penyerahan bantuan oksigen konsentrator dilaksanakan pada Rabu 15/9) di Pondok Pesantren  Salafiyah Syafi'iyah Khoiriyah Hasyim, Kwaron Diwek Jombang.

Bantuan oksigen konsentrator bagi pondok pesantren ini merupakan strategi untuk mengurangi kebutuhan tabung oksigen besar.

Kepala Bidang PD Pontren mengatakan bantuan ini merupakan langkah tepat dan memberi manfaat atas pelayanan kesehatan bagi warga pesantren.

"Poskestren dipilih karena merupakan unit pertama pelayanan kesehatan kuratif untuk resiko gangguan pernapasan warga pesantren dan sekitarnya," jelas Leksono Kabid Pontren Jawa Timur.

Waryono Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren juga menjelaskan bahwa bantuan oksigen konsentrator merupakan langkah strategis untuk mengatasi kebutuhan oksigen medis bagi masyarakat pesantren dan menjadi alternatif bagi pasien dengan gangguan pernapasan. 

Pondok pesantren penerima bantuan oksigen konsentrator menyambut baik dan berterima kasih kepada Kementerian Agama, ASTana serta Tanoko Foundation karena sangat bermanfaat bagi pelayanan kesehatan di pesantren.(sud/mst)

Editor: isn