Peserta Didik MTsN 1 Mojokerto Laksanakan Gladi Bersih AKM



Kab. Mojokerto (MTsN 1 Mojokerto) - Bertempat di ruang laboratorium komputer, sejumlah 45 peserta didik MTsN 1 Mojokerto melaksanakan gladi bersih Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).  Ini merupakan pengukuran kompetensi peserta didik dalam Literasi Membaca, Literasi Matematika (Numerasi), Survey Karakter dan  Survey Lingkungan Belajar.  Penetapan peserta yang terpilih dilakukan secara acak (random) di setiap satuan pendidikan dengan metode yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

“Gladi bersih berlangsung selama dua hari, dimulai hari Senin (13/9) untuk literasi membaca. Pada Selasa (14/9) tahun 2021, peserta AKM mengerjakan literasi numerasi,” tutur Kinarti saat mengawal pelaksanaan Gladi Bersih. Mengutip sebagaimana dalam salinan POS AN tahun 2021 bahwa literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat. Untuk literasi numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Dalam pembekalan kepada peserta, Nurhadi selaku kepala MTsN 1 Mojokerto menyampaikan pesan agar peserta AKM mengikuti dengan sebaik-baiknya agar ketika pelaksanaannya bisa berlangsung dengan lancar. “Juga harus mematuhi protokol kesehatan dalam pelaksanaan Gladi Bersih AKM serta menjaga kesehatan,” tandasnya. (Kin/Fath)

Editor: isn