MTsN 3 Nganjuk Raih Juara Umum FESPION 2021 Tingkat Penggalang Se-Jawa Timur



Kab. Nganjuk (MTsN 3) – Pramuka MTs Negeri 3 Nganjuk mengukir prestasi ditingkat Jawa Timur dengan berhasil meraih Juara Umum FESPION 2021 (Festival Pionering Pramuka Penggalang) Se-Jawa Timur. FESPION merupakan ajang kompetisi dibidang kepramukaan yang diselenggarakan oleh UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pada Minggu s/d Senin (29-30/08).

Dalam pelaksanaannya FESPION dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi zoom diikuti oleh 14 regu pramuka penggalang Se-Jawa Timur. Kegiatan ini semi offline, setiap perlombaan langsung dipandu oleh panitia menggunakan aplikasi zoom. Untuk Lomba Pionering dan Teknologi Tepat Guna dilaksanakan pada Minggu (29/08) dan Lomba Lomba Scout’s Yel Creation dilaksanakan pada Senin (30/08). Perlombaan pionering berlangsung selama 3 jam, proses pembuatannya dimulai dari awal. Tiap peserta wajib menggunakan dua kamera yang diletakkan di depan kanan dan belakang kiri. Pihak panitia mengawasi melalui aplikasi zoom, dan apabila salah satu peserta keluar frame maka akan dikurangi 5 setiap kali keluar frame, di dikurangi 2 apabila ada tongkat yang keluar frame. Setelah selesai peserta ditugaskan untuk memvideo hasil pioneringnya tanpa dibantu pembina, selanjutnya mengunggahnya ke Google Drive dan YouTube masing-masing pangkalan dengan catatan zoom masih menyala.

Pada hari Rabu (01/09), pihak panitia melakukan visitasi pionering di beberapa pangkalan yang masuk lima besar salah satunya di MTsN 3 Nganjuk. Saat Upacara Penutupan dan Pengumuman Kejuaraan dibacakan oleh panitia, Sabtu (04/09). MTsN 3 Nganjuk diumumkan menjadi Juara Umum FESPION 2021 Tingkat Penggalang Se-Jawa Timur. Sorak soraipun tak dapat dibendung lagi, seluruh peserta terharu dengan diiringi tetesan air mata. Selain Juara Umum MTsN 3 Nganjuk berhasil meraih Juara 2 Lomba Teknologi Tepat Guna, Juara 2 Lomba Scout’s Yel Creation, Juara 1 Lomba Pionering  dan Juara Pionering Simpul Ter-Tepat.

“Selamat ya anak-anakku, Selasa kemarin (31/08) kalian menorehkan prestasi ditingkat Jawa Timur dengan meraih Juara Umum 3 Lomba KP3 ke-XV yang diselenggaran oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Blitar. Kali ini kalian menorehkan prestasi lagi dengan meraih Juara Umum FESPION 2021 Se-Jawa Timur yang diselenggarakan oleh UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Saya  tahu ditengah waktu senggang latihan, kalian juga menyempatkan untuk mengerjakan UKBM, saya salut atas semangat kalian. Satu sisi kalian semangat untuk mengukir prestasi dibidang kepramukaan, disisi lain kalian juga tetap konsisten dalam belajar akademik. Sekali lagi selamat, pertahankan prestasi kalian baik di akademik maupun non akademik, tetap rendah hati, karena prestasi hebat tanpa diiringi dengan akhlak yang mulia tidak akan dihargai. Akhlak tetap dijaga dan prestasi terus dikejar,” terang Sundosin Kepala MTsN 3 Nganjuk. (am)

Editor: isn